9 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit Ginjal

9 Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Bantu Atasi Penyakit Ginjal
daun kumis kucing. pixabay.com
JATENG | 3 April 2021 10:31 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Kumis kucing merupakan tanaman yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Indonesia.

Tanaman yang memiliki bentuk bunga berwarna putih hingga keunguan ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka tak heran apabila sejak dulu tanaman ini telah dikenal sebagai obat herbal bagi masyarakat Indonesia.

Dalam memanfaatkan tanaman ini, biasanya masyarakat mengeringkan terlebih dahulu daunnya untuk kemudian dijadikan teh, tablet atau kapsul yang mengandung ekstrak daun kumis kucing. Beberapa kandungan ekstrak kumis kucing tersebut dinilai mampu mencegah beragam penyakit. Lantas, apa saja manfaat daun kumis kucing untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Selanjutnya: Mengobati Batuk...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami