9 Manfaat Kecambah untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker

9 Manfaat Kecambah untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan hingga Cegah Kanker
Ilustrasi kecambah. ©Shutterstock.com/Piyada Machathikun
JATENG | 19 Juni 2020 06:32 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Kecambah atau yang biasa disebut taoge merupakan salah satu jenis tumbuhan yang populer di Indonesia. Tumbuhan ini seringkali dikonsumsi masyarakat untuk dijadikan berbagai macam olahan menu masakan, seperti lalapan, tumis, hingga pecel. Selain itu, kecambah juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Proses pertumbuhan biji menjadi kecambah (sprouting) merupakan salah satu proses memecah bentuk biji-bijian. Kecambah juga menjadi salah satu makanan dengan nutrisi tinggi yang mudah dicerna. Sehingga kecambah sering dimanfaatkan menjadi aneka olahan makanan.

Dilansir dari Healthline, kecambah memiliki kandungan zat besi, vitamin C, dan zinc. Sehingga jenis sayuran ini dipercaya efektif membantu proses pencernaan. Tak hanya itu, kecambah memiliki manfaat untuk kesehatan dan mencegah berbagai macam penyakit.

Lantas, apa saja manfaat kecambah untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

2 dari 10 halaman

Meningkatkan Metabolisme

lari
©VideoBlocks

Manfaat kecambah yang pertama ialah dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini karena kecambah kaya akan kandungan protein yang berfungsi efektif meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, kandungan protein pada kecambah juga berperan penting dalam pemeliharaan sel, perbaikan organ, hingga regenerasi kulit.

Mengonsumsi kecambah secara teratur sangat dianjurkan untuk vegetarian, karena kecambah dapat mengganti kandungan protein yang dimiliki oleh daging. Sehingga kecambah dapat berperan untuk meningkatkan perkembangan tubuh dengan baik.

3 dari 10 halaman

Menurunkan Berat Badan

001 tantri setyorini©Istock

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya rutin mengonsumsi kecambah. Pasalnya kecambah merupakan sumber nutrisi yang rendah kalori. Sehingga kecambah dapat membantu proses diet yang sedang Anda jalani.

Dilansir dari Medical News Today, seseorang yang mengonsumsi kecambah cenderung akan merasakan kenyang lebih lama. Hal ini karena kecambah mampu menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu. Sehingga kecambah juga baik dikonsumsi bagi penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

4 dari 10 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

di kantor©kintec.net

Manfaat kecambah selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin A pada kecambah berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas. Sehingga hal ini dapat mencegah berbagai macam penyakit, seperti hipertensi hingga diabetes.

Selain itu, mengonsumsi kecambah secara teratur juga dapat melawan penyakit infeksi. Sehingga dapat menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah terkena penyakit.

5 dari 10 halaman

Mencegah Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia. Oleh sebab itu, upaya pencegahan harus terus dilakukan sejak dini. Salah satu cara paling mudah yaitu dengan mengonsumsi buah kecambah.

Kecambah diketahui mengandung turunan asam lemak yaitu senyawa acetogenins. Kandungan ini sebagai antioksidan yang dapat berfungsi mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

6 dari 10 halaman

Mencegah Anemia

002 siti rutmawatihealthguides.healthgrades.com

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan sel darah merah. Sehingga hal ini dapat membuat penderita mengalami pucat dan mudah lelah. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah penyakit anemia ialah mengonsumsi kecambah.

Pasalnya kecambah dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah. Sehingga membuat tekanan darah menjadi stabil dan mencegah anemia. Mengonsumsi kecambah secara rutin juga dapat menghindarkan dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan stroke.

7 dari 10 halaman

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung telah menyebabkan angka kematian tinggi di dunia. Sudah seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini. Cara yang cukup efektif dalam mencegah penyakit ini adalah mengonsumsi kecambah.

Kecambah memiliki kandungan zat besi, kalsium, serta efek antioksidan yang dapat secara efektif membantu mencegah penyakit jantung. Manfaat kecambah ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi jenis daun ini secara teratur.

8 dari 10 halaman

Mencegah Radikal Bebas

Manfaat kecambah lainnya ialah dapat mencegah radikal bebas. Radikal bebas dalam tubuh apabila tidak diimbangi dengan antioksidan, maka dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis dalam tubuh, seperti hipertensi hingga penyakit jantung.

Salah satu cara alternatif yang dapat dilakukan untuk menangkal radikal bebas adalah mengonsumsi daun kecambah. Kandungan senyawa pada kecambah berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

9 dari 10 halaman

Mencegah Obesitas

013 indra cahya© thesun.co.uk

Obesitas atau kelebihan berat badan menjadi penyakit yang banyak dialami seseorang. Salah satu cara alternatif mencegah obesitas adalah mengonsumsi kecambah. Kecambah memiliki kandungan senyawa berupa isothiocyanate yang dapat berfungsi membantu menurunkan berat badan.

Selain itu kandungan bioaktif pada kecambah juga berperan penting mencegah gangguan metabolisme. Mengonsumsi kecambah secara rutin dan teratur dapat berfungsi efektif mencegah obesitas dan menghindarkan Anda dari penyakit berbahaya lainnya.

10 dari 10 halaman

Meningkatkan Vitalitas Pria

Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan vitalitas seks pria ialah mengonsumsi kecambah. Kecambah mengandung senyawa fitokimia yang berfungsi efektif meningkatkan kualitas jumlah sperma.

Selain itu, beberapa kandungan lainnya juga dapat berperan penting dalam meningkatkan fungsi otak.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami