Aksinya Bikin Miris, Para Peziarah Ini Sibuk Berswafoto di Makam Mendiang Eril

Aksinya Bikin Miris, Para Peziarah Ini Sibuk Berswafoto di Makam Mendiang Eril
Aksinya Bikin Miris, Para Peziarah Ini Sibuk Berswafoto di Makam Mendiang Eril. Instagram - Lamtur
JATENG | 16 Juni 2022 13:51 Reporter : Denny Marhendri

Merdeka.com - Jenazah putra dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz kini telah dimakamkan di Islamic Centre Baitulridwan, Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (13/6). Tampak masyarakat sangat antusias untuk ikut menghantarkan jenazah Eril ke tempat peristirahatan terakhirnya.

Rasa antusias para masyarakat itu juga masih berlanjut walau prosesi pemakaman telah selesai. Banyak masyarakat dan tamu yang hadir sempat membuat kondisi makam sedikit tak terkendali.

2 dari 4 halaman

Berswafoto

aksinya bikin miris para peziarah ini sibuk berswafoto di makam mendiang eril

Instagram - Lamtur

Belum lama ini beredar video viral yang memperlihatkan beberapa perempuan yang sedang berswafoto di makam mendiang Eril. Perempuan yang diduga berusia ibu-ibu itu terlihat tak mengacuhkan kondisi sekitar meski tidak terlalu ramai.

Seperti yang terlihat di video, kelompok yang kompak menggunakan baju gamis itu terlihat bergantian dan saling memotret satu sama lain. Hingga akhirnya mereka berswafoto bersama dengan latar belakang makam mediang Eril.

3 dari 4 halaman

Kecaman Warganet

Tak lama usai video tersebut viral dan menjadi perbincangan hingga menuai berbagai respon warganet di kolom komentar. Berbagai kecaman dilemparkan oleh semua warganet yang berkomentar mengenai aksi yang tak patut ditiru tersebut.

"Padahal keluarga Pak Ridwan Kamil udah baik banget karena buka makam Eril untuk warga lain yang mau ziarah. Tetapi malah disalah gunakan," tulis salah satu warganet.

"RIP Moral. Itu semua demi konten di dunia maya," timpal warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Aturan Ziarah

aksinya bikin miris para peziarah ini sibuk berswafoto di makam mendiang eril

Kapanlagi.com/Irfan/Budi Santoso

Pihak keluarga dan petugas terkait sebenarnya sudah memberikan aturan untuk ziarah ke makam mendiang Eril. Aturan tersebut mencakup pembatasan peziarah yang hanya boleh 10 orang setiap 10 menit.

Lainnya, peziarah tidak diperbolehkan untuk mendokumentasikan dalam bentuk apapun termasuk swafoto di area makam. Hal tersebut guna untuk menjaga privasi keluarga.

(mdk/dem)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini