Apa Itu Telemedicine, Ketahui Manfaat dan Cara Penggunaannya

Apa Itu Telemedicine, Ketahui Manfaat dan Cara Penggunaannya
Ilustrasi Telemedis. ©Deposit Photo
JATENG | 21 September 2021 18:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, sejak kasus pandemi merebak di berbagai negara, termasuk Indonesia, aktivitas masyarakat di luar rumah mulai dibatasi oleh pemerintah. Hal ini tidak lain agar kasus penyebaran Covid-19 bisa ditekan dan dikontrol dengan baik.

Kebijakan ini pun masih diterapkan hingga kini. Terlebih dengan adanya varian delta, penyebaran virus corona semakin cepat dan meluas di masyarakat. Hal ini terbukti dengan melonjaknya kasus positif yang terjadi di Indonesia selama beberapa bulan yang lalu. Meskipun saat ini kasus positif di Indonesia relatif stabil, namun masyarakat selalu waspada dengan risiko penularan Covid-19.

Berbagai kegiatan pun kini dilakukan dengan mengutamakan teknologi daring untuk mengantisipasi adanya risiko penularan Covid-19. Termasuk kegiatan konsultasi kesehatan dengan menggunakan telemedicine. Telemedicine merupakan aplikasi layanan medis yang bisa digunakan masyarakat untuk berkonsultasi masalah kesehatan.

Aplikasi ini menjadi salah satu rujukan bagi masyarakat ketika ingin berkonsultasi mengenai berbagai keluhan medis tanpa harus pergi ke klinik atau rumah sakit. Tentu ini memberikan kemudahan bagi masyarakat di masa pandemi, mengingat rumah sakit menjadi salah satu tempat yang berisiko tinggi atas penularan Covid-19.

Lalu sebenarnya apa itu telemedicine dan manfaat apa yang bisa didapatkan masyarakat dengan penggunaan layanan ini. Dilansir dari Verywell Health, berikut kami merangkum pengertian apa itu telemedicine, berbagai manfaat, dan cara penggunaannya untuk Anda.

2 dari 7 halaman

Mengenal Apa Itu Telemedicine

ilustrasi telemedis

©Deposit Photo

Sebelum mengetahui berbagai manfaat telemedicine dan cara penggunaannya, perlu dipahami terlebih dahulu apa itu telemedicine. Telemedicine merupakan metode penyediaan layanan kesehatan secara virtual yang dapat digunakan secara daring. Ini bisa mencakup panggilan telepon, pemantauan pasien jarak jauh, konsultasi atau pengajuan pertanyaan, foto, hasil tes, dan berbagai fasilitas lainnya.

Saat ini sudah banyak aplikasi telemedicine yang dapat diakses dan digunakan masyarakat. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, penggunaan telemedicine sangat dianjurkan untuk mengurangi mobilitas masyarakat dan mengantisipasi risiko penularan Covid-19 yang semakin meluas. Meskipun tanpa pertemuan langsung, Anda bisa berkonsultasi masalah kesehatan dengan mudah dan nyaman di rumah.

3 dari 7 halaman

Keluhan yang Bisa Ditangani

Setelah mengetahui apa itu telemedicine, berikutnya Anda perlu mengetahui keluhan apa saja yang dapat ditangani melalui telemedicine. Dalam hal ini, berbagai jenis kunjungan dan bidang kedokteran dapat diakses dengan lebih mudah menggunakan telemedicine.

Mulai dari perawatan primer atau umum, dermatologi, dietetic, kesehatan mental, kardiologi, hingga endokrinologi. Berikut beberapa kondisi medis dan jenis kunjungan yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan telemedicine.

Penyakit atau gejala umum yang diobati melalui telemedicine meliputi:

  • Sakit kepala
  • Kondisi kulit seperti jerawat atau ruam
  • Kondisi muskuloskeletal seperti sakit punggung
  • Kesehatan mental seperti kecemasan atau depresi
  • Gejala gastrointestinal seperti sembelit
  • Kondisi kronis seperti diabetes

Jenis kunjungan yang sesuai untuk telemedicine meliputi:

  • Kunjungan kesehatan
  • Konseling nutrisi
  • Psikoterapi, seperti terapi perilaku kognitif (CBT)
  • Terapi fisik atau okupasi
  • Beberapa perawatan darurat
  • Mendapatkan rujukan atau resep
  • Konseling kesuburan
4 dari 7 halaman

Memberikan Kemudahan Akses

telemedis©2020 123rf/Jae Young Ju

Setelah mengetahui apa itu telemedicine, berikutnya terdapat beberapa manfaat telemedicine yang bisa Anda dapatkan. Manfaat yang pertama tentu saja kemudahan akses layanan kesehatan yang dapat dilakukan secara daring.

Termasuk masyarakat yang tinggal di pedesaan, layanan ini dapat memberikan kemudahan konsultasi medis tanpa harus pergi ke rumah sakit atau klinik, terutama ketika lokasi rumah sakit jauh dari rumah.

Anda bisa mengakses layanan ini melalui ponsel atau komputer dengan durasi konsultasi yang lebih lama. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan layanan ini semaksimal mungkin untuk memeriksakan keluhan medis yang sedang dialami.

5 dari 7 halaman

Pengurangan Pasien Rawat Inap

Manfaat telemedicine berikutnya yaitu dapat mengurangi pasien rawat inap. Layanan telemedicine yang bisa dilakukan tanpa tatap muka, dapat menjangkau pasien lebih luas dengan kapasitas yang lebih banyak.

Selain itu, layanan ini juga memberikan keuntungan tersendiri yaitu manajemen daftar tunggu yang lebih baik. Jika Anda harus menunggu berjam-jam untuk melakukan konsultasi di rumah sakit, dengan telemedicine, Anda bisa menunggu dengan santai di rumah hingga jam konsultasi tiba.

Bukan hanya itu, layanan ini juga dapat mengurangi pasien rawat inap di rumah sakit. Terutama di tengah pandemi, kamar rawat inap lebih diutamakan pada pasien dengan kondisi yang lebih buruk atau parah. Sehingga dengan layanan ini, masyarakat bisa melakukan konsultasi kesehatan di rumah dengan pemantauan jarak jauh oleh dokter.

6 dari 7 halaman

Hemat Biaya

kemenkominfo kembangkan layanan telemedis di aplikasi pedulilindungi©2020 Merdeka.com

Manfaat telemedicine yang terakhir dapat memberikan layanan dengan biaya yang lebih minim dibandingkan konsultasi langsung. Layanan ini tentu sangat memberikan kemudahan bagi pasien dengan penyakit kronis yang biasanya harus melakukan janji temu berulang kali dan teratur.

Cukup dengan mengakses layanan telemedicine, Anda bisa melakukan jadwal konsultasi teratur tanpa harus bertemu langsung dengan dokter. Sehingga bukan hanya hemat dari segi biaya, namun layanan ini juga dapat menghemat waktu dan tenaga anda dengan lebih baik dan efektif.

7 dari 7 halaman

Cara Menggunakan Telemedicine

Setelah mengetahui apa itu telemedicine dan berbagai manfaatnya, terakhir Anda perlu memahami bagaimana cara menggunakan atau mengakses telemedicine. Dalam hal ini, setiap aplikasi penyedia layanan telemedicine tentu memiliki fitur dan fasilitas yang beragam. Namun secara umum, Anda perlu mengunduh dan memasang aplikasi telemedicine terlebih dahulu pada perangkat smartphone maupun tablet.

Di sini, Anda bisa menggunakan fitur panggilan telepon maupun face time untuk melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter. Pastikan koneksi internet stabil saat Anda melakukan sesi konsultasi dengan dokter. Selain itu, pilihlah tempat yang nyaman dan tanpa gangguan ketika Anda akan melakukan konsultasi, hal ini dapat menghindari berbagai gangguan saat pemeriksaan berlangsung. (mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami