Arti Surat Al Ikhlas per Ayat dan Keutamaan Mengamalkannya, Perlu Diketahui

Arti Surat Al Ikhlas per Ayat dan Keutamaan Mengamalkannya, Perlu Diketahui
Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock
JATENG | 7 Januari 2021 20:19 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Alquran adalah kitab suci yang dijadikan pedoman hidup umat Islam. Kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril ini, berisi firman Allah sebagai petunjuk atau pedoman umat manusia. Tak hanya untuk dihafalkan, namun setiap muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan nilai-nilai yang ada di dalam Alquran.

Alquran mengandung banyak pelajaran yang baik untuk dijadikan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Seperti dikutip dari NU Online, Alquran datang untuk memberi petunjuk-petunjuk, keterangan-keterangan, dan konsep-konsep, agar manusia bisa memperoleh kebahagiaan di dunia maupun akhirat. Hal ini sebagaimana yang tercantum dalam salah satu surat Alquran, Allah SWT berfirman, artinya:

"Sungguh, orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan tersembunyi dan terang benderang. Mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi agar Allah menyempurnakan untuk mereka pahala mereka dan menambahi mereka dengan sebagian karunia-Nya. Sungguh Allah maha pengampun lagi maha penerima syukur." (Surat Fathir ayat 29-30).

Semua surat yang di dalam Alquran mengandung ajaran-ajaran yang baik dan memiliki banyak keistimewaan, salah satunya adalah surat al Ikhlas. Surat yang sering dibaca saat menunaikan ibadah shalat ini, di dalamnya banyak berbicara mengenai tauhid dan adab bertauhid. Selain itu, surat ini juga menggambarkan peradaban manusia dan bangunan kemanusiaan.

Berikut ini arti surat al Ikhlas beserta keutamaan mengamalkannya yang merdeka.com lansir dari NU Online:

Baca Selanjutnya: Bacaan dan Arti Surat Al...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami