Bacaan Niat Wudhu dan Doa Setiap Gerakannya, Perlu Diketahui

Bacaan Niat Wudhu dan Doa Setiap Gerakannya, Perlu Diketahui
ilustrasi berwudhu. ©2016 youtube.com
JATENG | 20 Januari 2021 18:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Wudhu merupakan salah satu rukun yang harus dilakukan setiap umat muslim ketika hendak melakukan salat. Dalam hal ini, wudhu merupakan kegiatan membasuh beberapa anggota tubuh dengan tujuan untuk menyucikan diri dari najis atau kotoran. Tanpa wudhu, setiap ibadah salat yang dilakukan tidak sah.

Seperti diketahui, terdapat beberapa tahapan atau tata cara yang harus dilakukan setiap menyucikan diri dengan wudhu. Mulai dari membasuh telapak tangan, membersihkan mulut dengan berkumur, membasuh wajah, tangan, rambut, telinga, hingga kaki. Namun sebelum melakukan semua tahapan tersebut, wudhu perlu diawali dengan membaca niat dengan baik.

Meskipun sepele, niat merupakan bagian penting yang perlu dilakukan ketika berwudhu. Dalam hal ini, niat yang diucapkan sebelum berwudhu dapat menambah kekhusyukan tersendiri. Bukan hanya itu, niat yang dibaca sebelum berwudhu sebagai bentuk doa dan syukur atas nikmat air yang dilimpahkan Allah SWT.

Dengan begitu, penting bagi Anda khususnya umat muslim untuk mengetahui bagaimana bacaan niat wudhu dengan baik dan benar. Selain itu, terdapat beberapa doa lain yang bisa disertakan dalam setiap gerakan wudhu. Jika dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu ini bisa menjadi amalan tersendiri yang mampu menambah timbangan pahala.

Dilansir dari situs NU Online, berikut kami merangkum bacaan niat wudhu dan beberapa doa gerakan wudhu lainnya yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Niat Wudhu...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami