Bagaimana Kepercayaan pada Setiap Keluarga dan Cara Membangunnya, Perlu Diketahui

Bagaimana Kepercayaan pada Setiap Keluarga dan Cara Membangunnya, Perlu Diketahui
Ilustrasi keluarga bahagia. ©Shutterstock
JATENG | 16 Oktober 2021 17:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Keluarga merupakan satu lingkup lingkungan sosial terkecil yang dimiliki setiap individu. Meskipun dalam lingkup kecil, namun hubungan yang terbangun antar anggota keluarga lebih erat dan intim. Hal ini tidak lain karena ikatan darah yang menjadi dasar dari hubungan tersebut.

Tidak heran, jika keluarga disebut sebagai support system terbaik. Di mana setiap orang akan mendapatkan dukungan dengan baik dan penuh dalam segala kondisi. Termasuk saat Anda mengalami masalah dalam hidup, tentu ayah, ibu, kakak, atau adik akan senantiasa mendukung dan mendampingi Anda untuk melewatinya.

Untuk menciptakan support system yang baik dari lingkungan keluarga, tentu diperlukan sebuah kepercayaan. Di mana antar setiap anggotanya saling percaya satu dengan yang lain, mengesampingkan prasangka sehingga akan tercipta energi positif dalam lingkungan keluarga. Meskipun bukan hal yang mudah, namun setiap orang perlu mengetahui bagaimana kepercayaan pada setiap keluarga memainkan peranan penting.

Bukan hanya penting, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara membangun kepercayaan dalam keluarga dengan baik. Dalam hal ini, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Mulai dari membangun komunikasi yang baik dan efektif, menghargai hubungan yang dimiliki, berpartisipasi secara terbuka, hingga bersikap jujur.

Dilansir dari Positive Psychology, berikut kami merangkum bagaimana kepercayaan pada setiap keluarga penting dan cara membangunnya yang perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Cara Membangun Kepercayaan dalam Keluarga : Bersikap Jujur

ilustrasi keluarga bahagia

©Shutterstock

Bersikap Jujur

Bagaimana kepercayaan pada setiap keluarga menjadi hal penting, dapat dibangun dengan saling bersikap jujur. Dalam hal ini, setiap anggota keluarga harus bersikap jujur satu sama lain. Usahakan untuk menyampaikan pesan atau perasaan secara jujur dan benar.

Jika Anda melakukan kebohongan sekali saja, tentu ini dapat mengurangi kepercayaan antar anggota keluarga. Sehingga jujur merupakan hal penting yang perlu dijaga demi kepercayaan yang utuh.

Kata-Kata dan Sikap yang Sesuai

Bagaimana kepercayaan pada setiap keluarga dapat dibangun, yaitu perlu bersikap secara konsisten. Dalam hal ini, Anda harus bisa menyesuaikan sikap atau perilaku dengan kata-kata yang Anda ucapkan.

Usahakan untuk menjaga kata-kata dengan baik, hindari mengucapkan janji ketika Anda tidak sanggup menepati. Jika sikap yang Anda tunjukkan sesuai dengan kata-kata yang Anda sampaikan, tentu hal ini dapat membangun kepercayaan orang lain, termasuk dalam lingkungan keluarga.

3 dari 5 halaman

Cara Membangun Kepercayaan dalam Keluarga : Komunikasi Efektif

Membangun Komunikasi Efektif

Cara membangun kepercayaan dalam keluarga berikutnya yaitu dengan menciptakan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang buruk adalah alasan utama dari rusaknya hubungan.

Dengan begitu, penting bagi Anda dan anggota keluarga lainnya untuk membangun komunikasi yang efektif. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan siapa lawan bicara yang sedang dihadapi.

Sesuaikan bahasa dan cara berbicara dengan baik. Baik ketika Anda berbicara dengan orang tua, kakak, maupun adik. Sampaikan pesan menggunakan kata-kata yang mudah dimengerti, sehingga orang lain dapat menerima dan menangkap maksud secara tepat.

Menghargai Hubungan

Bagaimana kepercayaan pada setiap keluarga menjadi hal yang penting, berikutnya dapat dibangun dengan cara menghargai hubungan yang ada. Hal ini bisa Anda wujudkan dengan cara senantiasa ada dan mendampingi anggota keluarga dalam kondisi apapun, baik maupun buruk.

Keberadaan Anda menjadi bentuk dukung yang penting bagi orang lain. Jika ini dapat dibangun secara konsisten, tentu tingkat kepercayaan dalam keluarga akan meningkat.

4 dari 5 halaman

Cara Membangun Kepercayaan dalam Keluarga : Saling Membantu

ilustrasi keluarga bahagia©Shutterstock

Berpartisipasi secara Terbuka

Berpartisipasi secara terbuka juga menjadi salah satu cara untuk membangun kepercayaan dalam keluarga. Ketika Anda mengambil peran aktif dan memberikan kontribusi yang baik dalam keluarga, tentu anggota keluarga akan menaruh kepercayaan pada Anda. Sikap ini dapat menunjukkan kesediaan Anda dalam membantu dan mendukung anggota keluarga lain, termasuk ketika terjadi suatu masalah.

Selain itu, kontribusi secara aktif juga bisa ditunjukkan dengan cara menjadi pendengar yang baik ketika salah seorang anggota keluarga bercerita, memberikan saran yang membangun sebagai umpan balik, serta bersikap menghormati satu sama lain. Meskipun terdengar sepele, namun beberapa hal ini dapat menjadi faktor penting dalam membangun tingkat kepercayaan keluarga yang baik.

Saling Membantu

Bagaimana kepercayaan pada setiap keluarga menjadi hal yang penting, selanjutnya dapat diciptakan dengan bersikap saling membantu. Membantu anggota keluarga mengerjakan hal-hal sederhana, seperti membantu ibu mencuci piring, membantu adik mengerjakan tugas sekolah, dan hal kecil lainnya, dapat berperan dalam membangun kepercayaan keluarga yang baik.

Dengan membantu, Anda memberikan manfaat kepada orang lain, sehingga secara otomatis orang lain akan menganggap Anda sebagai orang yang dapat dipercaya dan diandalkan. Bukan hanya meningkatkan kepercayaan, sikap saling membantu juga mendukung kerja tim dalam keluarga yang semakin baik.

5 dari 5 halaman

Cara Membangun Kepercayaan dalam Keluarga : Tidak Menyembungikan Perasaan

Tidak Menyembunyikan Perasaan

Cara membangun kepercayaan pada setiap keluarga yang terakhir, yaitu tidak menyembunyikan perasaan. Bersikap terbuka tentang emosi Anda sering kali merupakan cara yang efektif untuk membangun kepercayaan.

Jika terjadi suatu masalah dalam keluarga, sebaiknya jangan disimpan terlalu lama. Komunikasikan dengan baik dan jujur kepada anggota keluarga lain, dan usahakan untuk saling berkompromi dalam menyelesaikan masalah. Dengan sikap terbuka, setiap anggota keluarga bisa saling menghormati satu sama lain. (mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami