Cara Mandi Wajib dalam Ajaran Islam, Ketahui Kegunaan dan Adabnya

Cara Mandi Wajib dalam Ajaran Islam, Ketahui Kegunaan dan Adabnya
Ilustrasi mandi. ©Shutterstock
JATENG | 6 November 2020 16:10 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Bagi umat muslim, tentu sudah mengenal istilah mandi wajib. Mandi wajib ini biasanya dilakukan untuk membersihkan diri dari hadast besar. Bagi kaum laki-laki, umumnya melakukan mandi wajib sebagai salah satu syarat sebelum menunaikan salat jumat. Bukan hanya itu, mandi wajib juga biasa dilakukan seluruh umat muslim sebelum memasuki ibadah puasa.

Dengan begitu, dapat dipahami bahwa mandi wajib merupakan suatu kegiatan yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini tidak lain bertujuan untuk membersihkan diri sebelum melaksanakan suatu ibadah. Dengan begitu, ibadah dapat dilakukan dengan sah dan baik di hadapan Allah.

Terdapat tata cara mandi wajib yang diatur dalam ajaran Islam. Artinya, mandi wajib harus dilakukan sesuai dengan aturan yang sudah ada. Mulai dari membaca niat, lalu mengguyur seluruh tubuh dengan air hingga bagian-bagian lipatannya. Selain itu, juga terjadi adab atau hal-hal sunnah lainnya yang bisa dilakukan untuk membersihkan diri saat mandi wajib.

Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui hal apa saja yang mengharuskan Anda melakukan mandi wajib. Sebab, terdapat beberapa kondisi yang menyebabkan Anda terkena hadast besar sehingga harus mensucikan diri terlebih dahulu untuk melaksanakan rutinitas ibadah setiap harinya.

Dilansir dari situs NU Online, berikut kami merangkum cara mandi wajib dengan benar beserta kegunaan dan adabnya yang perlu diketahui:

Baca Selanjutnya: Kegunaan Mandi Wajib...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami