Cara Membuat Aquarium Ikan Hias untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan di Rumah

Cara Membuat Aquarium Ikan Hias untuk Pemula, Mudah Dipraktikkan di Rumah
Ilustrasi akuarium. ©2012 Shutterstock/Andrey Armyagov
JATENG | 21 Mei 2020 12:30 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Setiap orang selalu menginginkan ruangan di dalam rumah yang indah dan menarik. Maka tak heran apabila seseorang menambahkan berbagai hiasan dan pernak-pernik di dalam ruangan. Hiasan yang biasa digunakan untuk mempercantik setiap sudut ruangan umumnya berupa perabotan rumah dan furniture.

Tidak hanya itu, banyak orang juga memasang tanaman dan lukisan yang kerap di letakkan di sudut ruangan. Bahkan beberapa orang juga menambahkan aquarium ikan hias di dalam ruangan. Selain memiliki nilai keindahan, tentunya beberapa hiasan tersebut akan membuat betah tinggal di rumah.

Salah satu hiasan ruangan yang digemari masyarakat ialah aquarium ikan hias. Namun kini harga aquarium dibanderol dengan harga mahal, apalagi jika memiliki bentuk yang unik dan ikan hias yang menarik.

Apabila Anda ingin memiliki aquarium tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, Anda bisa membuat sendiri aquarium di rumah. Lalu bagaimana cara membuat aquarium ikan hias yang mudah? Simak penjelasannya berikut ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Aquarium yang Menarik

membuat akuarium untuk pemula
©Shutterstock

Aquarium merupakan sebuah vivarium yang biasa ditempatkan pada wadah atau sisi yang transparan dan di dalamnya terdapat ikan hias atau tumbuhan liar. Sehingga hal ini menjadi sebuah tampilan yang bisa dilihat banyak orang.

Cara membuat aquarium yang menarik dapat bisa Anda lakukan di rumah dengan bahan dasar yang mudah didapatkan. Membuat aquarium sendiri dapat menghasilkan aquarium dengan bentuk dan kreasi yang sesuai dengan keinginan kita.

Sebelum Anda membuat aquarium ikan hias, terlebih dahulu siapkan beberapa bahan dasar dan peralatan yang dibutuhkan berikut ini:

-Kaca

-Alat lem tembak

-Cutter

-Lem silikon untuk perekat kaca

-Lakban penggaris

-Obeng

-Spidol

-Alat pemotong kaca

Setelah Anda mempersiapkan semua bahan dasar dan peralatan yang dibutuhkan, kini Anda dapat memulai membuat aquarium di rumah. Simak cara membuat aquarium ikan hias yang mudah untuk pemula berikut:

1. Menentukan bentuk aquarium yang akan Anda buat. Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya membuat bentuk aquarium berbentuk persegi.

2. Tentukan ukuran aquarium yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini penting dipertimbangkan sesuai dengan kaca yang Anda miliki dan ukuran sudut ruangan.

3. Cara membuat aquarium berikutnya ialah memotong kaca untuk aquarium. Kemudian memutuskan bentuk serta ukurannya.

3 dari 4 halaman

Cara Menghaluskan Aquarium dan Menyusunnya

ilustrasi akuarium©2012 Merdeka.com

4. Tahap berikutnya yaitu menghaluskan terlebih dahulu sisi kaca yang dipotong tadi sebelum Anda beri lem. Hal ini agar kaca dapat merekat sempurna tanpa adanya ganjalan akibat kaca masih kasar.

5. Pinggiran kaca untuk bagian alas aquarium bisa Anda beri lakban. Hal ini berfungsi agar alas aquarium tidak licin dan mudah bergerak.

6. Kemudian semua sisi pinggiran dan sudut kaca, beri lem silikon menggunakan alat lem tembak.

7. Setelah semua potongan kaca Anda beri lem silikon, kini Anda dapat menyusun potongan kaca tersebut menjadi bentuk aquarium kotak atau persegi. Kemudian beri lem pada sudut-sudutnya agar merekat kuat menggunakan lem kaca. Awali dengan meletakkan kaca untuk alasnya kemudian dilanjutkan dengan badan aquariumnya.

8. Setelah berdiri, beri lakban pada sudut-sudutnya agar kuat dan tidak licin sehingga tidak mudah jatuh.

9. Apabila lem kaca dirasa sudah kering, Anda dapat melepaskan lakban secara hati-hati dan merapikan lem-lem yang menempel pada kaca. Setelah itu Anda bisa memperhatikan apakah lem sudah kuat dan apakah ada rongga pada sudut-sudut kaca.

4 dari 4 halaman

Cara Menghias Aquarium Agar Terlihat Unik

10. Cara membuat aquarium berikutnya yaitu memasang stiker atau gambar nuansa bawah laut yang unik.

11. Setelah itu pasang saringan aquarium dan Anda dapat menambahkan hiasan lainnya seperti batu, batang pohon tiruan, tanaman laut, lampu hias dan terumbu karang.

13. Aquarium siap dipasang di ruangan rumah.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami