Cara Mengelola Stres dengan Baik dan Efektif, Ketahui Strateginya

Cara Mengelola Stres dengan Baik dan Efektif, Ketahui Strateginya
Ilustrasi stres. ©Ilustrasi stres
JATENG | 24 Januari 2021 12:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, kondisi stres memang menjadi ancaman tersendiri bagi setiap orang. Dalam hal ini, kondisi stres dapat dipicu oleh berbagai macam faktor. Mulai dari banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, rutinitas harian yang monoton, kondisi hubungan dengan anggota keluarga, teman, maupun pasangan, maupun berbagai hal lainnya.

Meskipun sangat umum terjadi pada siapa saja, namun kondisi stres tidak boleh disepelekan begitu saja. Stres yang tidak dapat diatasi dengan baik biasanya akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan fisik maupun kesehatan secara keseluruhan. Tidak heran, jika orang yang sedang mengalami kondisi ini menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit karena daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Dengan begitu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengelola stress dengan baik dan efektif. Sebab, ini merupakan satu-satunya cara untuk mengatasi ancaman stres yang bisa datang kapan saja dan tidak bisa dihindari. Dalam hal ini, terdapat beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk memanajemen kondisi stres dengan baik.

Cara mengelola stres dengan baik dapat dilakukan dengan berfokus pada masalah dan penyelesaiannya atau berfokus pada emosi yang sehat. Strategi ini dilakukan dengan tujuan agar kondisi stres yang dialami dapat dikendalikan serta untuk mengurangi risiko dampak yang ditimbulkannya. Dilansir dari situs Verywell Mind, berikut kami merangkum beberapa cara mengelola stres dengan baik dan efektif yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Fokus pada Masalah atau Fokus...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami