Cara Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit, Praktis dan Mudah Dilakukan

Cara Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit, Praktis dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi kartu kredit. ©Shutterstock.com/ Dmitriy Shironosov
JATENG | 26 Juni 2022 12:01 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Cara pembayaran menggunakan kartu kredit cukup praktis dan mudah dilakukan. Kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran yang berfungsi sebagai pengganti uang tunai. Dengan kartu kredit, pengguna dapat menukarkan dengan berbagai barang atau jasa yang dibelinya di tempat-tempat yang menerima pembayaran menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit dianggap lebih mudah untuk melakukan belanja online dibandingkan dengan kartu debit atau ATM. Kartu kredit juga menawarkan beragam promosi yang sangat menguntungkan bagi para penggunanya. Tak heran, jika kartu ini semakin banyak digunakan orang untuk proses transaksi.

Bagi Anda para pengguna kartu kredit pemula dan ingin melakukan transaksi, penting untuk mengetahui cara pembayaran menggunakan kartu kredit. Berikut cara pembayaran menggunakan kartu kredit yang merdeka.com lansir dari finder.com:

2 dari 3 halaman

Cara Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit

ilustrasi kartu kredit

©2012 Merdeka.com/Shutterstock/dean bertoncelj

Cara pembayaran menggunakan kartu kredit cukup praktis dan mudah dilakukan. Apabila Anda berbelanja ke supermarket dan menggunakan kartu kredit, maka proses pembayarannya sebagai berikut:

Serahkan ke Kasir

Jika Anda berbelanja di supermarket dan ingin menggunakan kartu kredit, serahkan kartu itu kepada kasir. Nantinya, kasir akan memasukkan kartu kredit ke dalam mesin EDC (Electronic Data Capture). Setelah itu, kartu akan mengalami proses enkripsi sebelum terhubung secara online dengan pihak yang menerbitkan kartu kredit untuk diverifikasi.

Terima Bukti Transaksi

Cara pembayaran menggunakan kartu kredit selanjutnya, yaitu terima bukti transaksi dan tanda tangan. Setelah berhasil melakukan proses verifikasi, mesin EDC akan mencetak bukti transaksi secara otomatis. Nantinya, bukti ini Anda tangani selaku pemegang kartu kredit.

Pembayaran Selesai

Setelah menerima bukti transfer dan tanda tangan, pembayaran menggunakan kartu kredit telah selesai. Untuk itu, Anda bisa meninggalkan kasir dengan membawa barang belanjaan.

Sebagai catatan, kini kartu kredit sudah tidak menggunakan sistem gesek melainkan dengan dip, Sistem ini berlaku bagi kartu kredit yang dibekali dengan chip pada salah satu bagiannya. Chip ini yang nantinya akan dibaca oleh mesin EDC yang mendukung fitur chip.

Cara Kerja Kartu Kredit

Kartu kredit juga lebih praktis untuk membayar berbagai layanan online. Misalnya, Anda tidak dapat membayar tiket penerbangan secara tunai, maka dapat dengan mudah membayarnya melalui kartu kredit. Adapun cara kerja kartu kredit adalah sebagai berikut:

1. Setiap melakukan transaksi, Anda akan menambah jumlah debit dalam kartu kredit.

2. Setiap bulan, akan muncul tagihan yang mencakup seluruh transaksi Anda dalam bulan terkait. Umumnya, Anda diharapkan agar membayar secara penuh sebelum tenggat waktunya. Jika tidak, Anda akan dikenakan denda akibat pembayaran terlambat.

3. Proses validasi terjadi saat kartu diinput atau digesek, dan akan terjadi penolakan jika Anda belum melakukan aktivasi kartu kredit, melampaui limit kartu kredit, dan terlambat dalam melakukan pembayaran.

4. Sejarah kredit adalah salah satu bagian terpenting dalam penggunaan kartu kredit yaitu di mana Anda bisa melakukan pembayaran dengan tepat waktu dan menghindari tingginya saldo kredit Anda, sehingga nilai sejarah kredit Anda kan baik. Sejarah kredit ini juga akan menunjukkan tanggung jawab finansial Anda, yang nantinya akan memudahkan saat ingin meminjam uang, melakukan kredit pemilikan rumah atau kendaraan bermotor.

3 dari 3 halaman

Manfaat Kartu Kredit

ilustrasi kartu kredit

Ilustrasi shutterstock.com

Kartu kredit juga lebih praktis untuk membayar berbagai layanan online. Misalnya, Anda tidak dapat membayar tiket penerbangan secara tunai, maka dapat dengan mudah membayarnya melalui kartu kredit. Selain itu, masih banyak keuntungan menggunakan kartu kredit, di antaranya sebagai berikut:

Memudahkan Belanja Online

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat kartu kredit juga bisa memudahkan saat belanja online. Cukup melengkapi identitas diri, seperti nama pengguna, nomor identitas kartu kredit, dan kode Card Verification Code (CVC), Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi pembayaran.

Bisa Digunakan di Seluruh Dunia

Manfaat kartu kredit selanjutnya, yaitu bisa digunakan di seluruh dunia. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu menukarkan uang ke mata uang negara yang ingin dituju. Cukup menggunakan kartu kredit, Anda sudah bisa melakukan transaksi di berbagai belahan dunia.

Banyak Promo

Salah satu manfaat kartu kredit adalah banyaknya promo yang ditawarkan. Hal ini juga yang membedakan kartu kredit dengan kartu debit atau ATM. Yang mana promo belanja dan rewards bisa Anda dapatkan lebih banyak dengan menggesekkan kartu kredit untuk sejumlah transaksi.

Ada banyak promo yang ditawarkan kartu kredit, seperti travel, penginapan, hingga belanja. Biasanya, promo yang ditawarkan berupa diskon, mulai dari 10 persen hingga 60 persen untuk momen tertentu.

Hampir semua perusahaan atau bank penerbit kartu kredit menawarkan perlindungan dan menyediakan garansi atau asuransi. Misalnya, Anda mengalami masalah atau perselisihan di seputar pembelian produk, maka bisa langsung menghubungi penerbit kartu kredit tersebut.

Mengelola Keuangan dengan Baik

Manfaat kartu kredit lainnya yaitu dapat mengelola keuangan dengan baik. Pasalnya, setiap pengeluaran akan tercatat secara otomatis dalam lembar tagihan yang akan Anda terima setiap bulannya. Dengan begitu, hal ini bisa memudahkan pengguna dalam merencanakan anggaran keluaran.

Di samping itu, manfaat kartu kredit juga bisa mengetahui ke mana sebagian besar uang dibelanjakan dan mengevaluasinya di akhir bulan. Sehingga, Anda bisa mengatur keuangan dengan rencana anggaran.

Lebih Mudah dan Praktis

Manfaat kartu kredit yang pertama adalah lebih mudah dan praktis saat melakukan transaksi pembayaran. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu membawa uang tunai dengan jumlah besar. Cukup menunjukkan atau menggesek kartu tersebut, Anda tidak perlu lagi menghitung kembalian atau menulis cek.

Mungkin Anda berpikir, bukankah kartu debit atau ATM juga lebih mudah dan praktis, ya? Ya, kedua kartu ini sama-sama pembayaran nontunai. Bedanya, kalau pakai kartu debit atau ATM, uang Anda dalam rekening bank langsung terpotong, sedangkan kalau pakai kartu kredit, bisa transaksi dengan cara dicicil.

Di samping itu, kartu kredit juga lebih praktis untuk membayar berbagai layanan online. Misalnya, Anda tidak dapat membayar tiket penerbangan secara tunai, maka dapat dengan mudah membayarnya melalui kartu kredit.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini