Cegah penyebaran Covid-19, BPBD Kota Yogyakarta salurkan ratusan wastafel ke RW

Cegah penyebaran Covid-19, BPBD Kota Yogyakarta salurkan ratusan wastafel ke RW
wastafel portable untuk cegah penyebaran virus corona. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki
JATENG | 30 November 2020 15:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Di tengah masa pandemi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta terus melakukan berbagai upaya untuk mendukung pencegahan penyebaran virus corona Covid-19. Dilansir merdeka.com dari Antara, diantaranya dengan mendukung upaya penerapan adaptasi kebiasaan baru dan mendistribusikan ratusan wastafel ke rukun warga (RW).

“Kami mendistribusikan 616 wastafel ke rukun warga (RW) untuk menguatkan lagi penerapan adaptasi kebiasaan baru di tengah masyarakat,” kata Pelaksana Tugas Kepala BPBD Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat di Yogyakarta, Senin (30/11).

Menurut dia, gerakan cuci tangan masih perlu untuk terus disosialisasikan ke masyarakat agar menjadi sebuah kebiasaan karena kegiatan tersebut tidak bisa dilepaskan dari berbagai upaya untuk mencegah penularan virus corona.

“Kesadaran untuk memakai masker sudah cukup baik, tetapi cuci tangan sering masih lepas. Ini yang perlu dibiasakan kembali,” katanya.

Keberadaan wastafel di tiap RW yang ditempatkan di tempat yang strategis, diharapkan memudahkan masyarakat untuk membiasakan diri rajin mencuci tangan dengan sabun. Selain itu, berbagai adaptasi kebiasaan baru lain yang terus disosialisasikan ke masyarakat adalah memakai masker dengan benar yaitu menutup hidung dan mulut.

“Jangan sampai sudah pakai masker tetapi maskernya pindah ke leher atau ke kepala,” katanya. Masyarakat, lanjut dia, juga diharapkan membiasakan diri untuk mengurangi kebiasaan mengobrol berlama-lama terutama ketika makan bersama.

Reporter: Dwiyana Pangesthi (mdk/snw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami