Cerita Detik-Detik Eksekusi Mati DN Aidit, Jenazahnya Diduga Dibuang di Tempat Ini

Cerita Detik-Detik Eksekusi Mati DN Aidit, Jenazahnya Diduga Dibuang di Tempat Ini
Aidit. wordpress.com
JATENG | 1 Oktober 2020 11:19 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Sebagai Pemimpin Partai Komunis Indonesia (PKI), DN Aidit jelas tak luput dari pembantaian pengikut PKI pasca peristiwa Gerakan 30 September (G30S). Setelah sempat menghilang pada malam hari peristiwa G30S, Aidit ditemukan di Solo.

Alwi Shahab dalam harian Republika menulis, pada saat penangkapan, Aidit bersembunyi di dalam sebuah lemari. Pada saat itu, ia ditemukan oleh Kolonel Yasir Hadibroto, Komandan Brigade IV Infanteri, dan para anak buahnya.

Dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (1/10), pada saat penangkapan, Aidit berkali-laki meminta pada Kolonel Yasir untuk bertemu dengan Presiden Soekarno. Namun, ia tidak mau menuruti begitu saja permintaan Aidit.

“Jika diserahkan kepada Bung Karno pasti akan memutarbalikkan fakta sehingga persoalannya akan jadi lain,” ungkap Yasir seperti dikutip dalam buku Siti Hartinah Soeharto: Ibu Utama Indonesia karya Abdul Gafur. Lalu bagaimana nasib Aidit selanjutnya?

Baca Selanjutnya: Eksekusi Mati Aidit...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami