Ciri-ciri Malaria, Penyebab hingga Cara Penularan yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri Malaria, Penyebab hingga Cara Penularan yang Perlu Diwaspadai
JATENG | 20 Juli 2020 18:02 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, hewan merupakan salah satu makhluk yang bisa menjadi perantara atau media penularan penyakit. Baik penyakit ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya hingga penyakit berat yang bisa mengancam nyawa. Salah satunya penyakit berat mengancam nyawa yang ditularkan oleh perantara hewan adalah malaria.

Bukan hanya Demam Berdarah Dengue (DBD), malaria juga merupakan salah satu penyakit yang ditularkan melalui perantara nyamuk. Dalam hal ini, perlu diketahui sebenarnya penyebab utama penyakit malaria adalah infeksi parasit. Di sini, parasit dapat berpindah ke tubuh manusia setelah terkena gigitan nyamuk yang lebih dahulu terinfeksi parasit tersebut.

Dikatakan, penyakit malaria ini cenderung lebih banyak ditemui pada negara-negara beriklim tropis dan subtropis. Biasanya pada orang yang terjangkit, akan timbul ciri-ciri malaria yang umum dirasakan oleh sebagian besar orang. Mulai dari tubuh yang merasa sakit, demam tinggi, hingga kondisi menggigil. Menurut data yang tercatat, sekitar 440.000 orang berakhir meninggal akibat penyakit yang ditularkan nyamuk ini.

Sebagai negara yang beriklim tropis, tentu penting bagi masyarakat Indonesia mengetahui bagaimana ciri-ciri malaria, penyebab, hingga cara penularan parasit yang dibawa oleh gigitan nyamuk. Dengan mengetahui beberapa penjelasan tersebut, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan serta mencegah risiko penyakit itu sendiri.

Dilansir dari situs Mayoclinic, berikut kami telah merangkum penjelasan ciri-ciri malaria, penyebab, dan cara penularan yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Ciri-Ciri Malaria...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami