Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Penyebabnya

Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi yang Perlu Diwaspadai, Ketahui Penyebabnya
Ilustrasi tekanan darah. ©Shutterstock
JATENG | 22 Januari 2021 08:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, aliran darah dalam tubuh mempunyai peranan sangat penting. Dalam hal ini, tubuh mengalirkan darah yang membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh guna mendukung fungsi organ bekerja dengan baik. Sehingga jika sirkulasi darah dalam tubuh terganggu tentu akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Salah satu gangguan dalam aliran adalah yang perlu diwaspadai adalah tekanan darah tinggi. Pada kondisi ini, jantung memompa darah dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan penyempitan arteri. Dengan begitu, semakin banyak darah yang dipompa maka semakin tinggi pula tekanan darah yang terjadi dalam tubuh.

Meskipun tergolong kondisi umum, namun gangguan ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Bukan tanpa alasan, gangguan darah tinggi merupakan faktor utama penyebab penyakit jantung yang bisa mengancam nyawa. Dalam hal ini, Anda perlu mengetahui ciri-ciri tekanan darah tinggi dengan baik untuk melakukan deteksi dini sehingga bisa mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Ini juga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kondisi yang semakin serius hingga menyebabkan berbagai kompilasi kesehatan. Selain ciri-ciri tekanan darah tinggi, Anda juga perlu mengetahui penyebab, faktor risiko, hingga kondisi komplikasi yang bisa ditimbulkan.

Melansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum ciri-ciri tekanan darah tinggi yang perlu diwaspadai dan beberapa informasi penting lainnya untuk Anda.

Baca Selanjutnya: Mengenal Tekanan Darah Tinggi...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami