Doa Mimpi Buruk beserta Artinya, Membuat Hati dan Pikiran Tenang

Doa Mimpi Buruk beserta Artinya, Membuat Hati dan Pikiran Tenang
Ilustrasi mimpi buruk. ©2012 Shutterstock/NinaMalyna
JATENG | 22 Januari 2021 15:25 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi, baik saat tidur siang maupun malam hari. Mimpi merupakan sebuah pengalaman bawah sadar seseorang yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, bahkan perasaan. Bahkan saat bermimpi seseorang dapat merasakan emosi, seperti rasa takut, bahagia, sedih dan lain sebagainya.

Mimpi bukanlah hal yang tabu untuk diperbincangkan. Dalam sebuah hadis dikatakan, mimpi adalah satu bagian dari 46 bagian kenabian. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan sahabat Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)

Pengalaman dalam tidur memang tidak selalu indah. Tak jarang seseorang mendapat mimpi buruk yang membuatnya terbangun dari tidur. Bahkan, pengalaman mimpi buruk seringkali membuat hati tidak tenang dan gelisah sepanjang hari.

Rasulullah SAW sendiri memberikan sebuah doa bagi umatnya yang terbangun setelah mengalami mimpi buruk. Berikut doa mimpi buruk dan artinya yang dilansir dari NU Online:

2 dari 3 halaman

Doa Mimpi Buruk dan Artinya

buruk
©2017 giphy.com

Setelah mendapatkan mimpi buruk, seseorang kerap mengalami perasaan yang tidak tenang dan gelisah. Peristiwa atau kejadian yang mengerikan di dalam mimpi seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk berdoa setelah mendapatkan mimpi buruk.

Doa Rasulullah SAW ini diriwayatkan oleh Ibnu Suni, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi. Adapun bacaan doa mimpi buruk yang diajarkan Nabi Muhammad adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahû. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya, "Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

3 dari 3 halaman

Amalan Sebelum Tidur

ilustrasi mimpi buruk©©2012 Merdeka.com/Shutterstock/rockey

Sebagai umat muslim, kita selalu dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT sebelum tidur. Nabi Muhammad SAW mengajarkan beberapa amalan dan doa menjelang tidur untuk umatnya. Beberapa amalan yang diajarkan Rasulullah sebelum tidur di antaranya membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas.

Setelah membaca beberapa amalan di atas, Nabi mengajarkan untuk meniup kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sebelum diusapkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, bacalah doa menjelang tidur sebagai berikut:

Bismika rabbi wadla‘tu janbi wa bika arfa‘uhu. In amsakta nafsî farhamha. Wa in arsaltaha fahfazhha bima tahfazhu bihi ‘ibadakas shalihin.

Artinya, "Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh."

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami