Doa saat Terjadi Gempa Bumi dan Artinya, Mohon Pertolongan di Tengah Musibah

Doa saat Terjadi Gempa Bumi dan Artinya, Mohon Pertolongan di Tengah Musibah
ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman
JATENG | 24 November 2022 18:08 Reporter : Ayu Isti

Merdeka.com - Baru-baru ini, terdapat kabar duka yang cukup memprihatinkan bagi masyarakat Indonesia, yaitu bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur pada Senin (21/11) lalu. Berdasarkan temuan terakhir, tercatat 271 orang meninggal akibat gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter itu.

Ini adalah bencana gempa bumi yang ke sekian kali melanda Indonesia. Sebagai musibah yang tidak dapat dihindari, maka penting bagi masyarakat Indonesia untuk berdoa memohon perlindungan dan pertolongan dari setiap risiko bencana yang dapat terjadi, termasuk gempa bumi.

Bagi umat Muslim, terdapat doa saat terjadi gempa bumi yang dapat diamalkan. Dengan doa ini, Anda dapat memohon pertolongan kepada Allah dari setiap bahaya yang dapat mengancam keselamatan diri. Bukan hanya itu, doa ini juga dapat membantu menenangkan hati dan pikiran saat menghadapi bencana gempa.

Selain itu terdapat bacaan doa lainnya yang bisa diamalkan, seperti doa saat tertimpa musibah, doa agar diselamatkan dari bencana alam, hingga doa agar terhindar dari bencana. Beberapa doa ini mungkin sederhana, namun dapat memberikan pertolongan bagi Anda dalam keadaan darurat.

Doa-doa ini juga dapat memberikan perlindungan bagi Anda dari berbagai keburukan yang dapat menimpa. Dikutip dari NU Online, berikut kami merangkum bacaan doa saat terjadi gempa dan doa lainnya, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Doa saat Terjadi Gempa

Saat terjadi gempa bumi, masyarakat disarankan untuk tidak panik dan tetap tenang. Ini tidak lain agar pikiran tetap jernih sehingga Anda bisa melakukan langkah penyelamatan diri dengan tepat.

Selain itu, bagi umat Muslim bisa mengamalkan doa saat terjadi gempa untuk memohon perlindungan dan pertolongan dari segala keburukan dan dapat terjadi. Berikut bacaan doa saat terjadi gempa dan artinya yang bisa Anda praktikkan:

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

3 dari 4 halaman

Doa agar Diselamatkan dan Doa saat Tertimpa Musibah

Selai doa saat terjadi gempa, terdapat beberapa bacaan doa lain yang dapat diamalkan saat tertimpa musibah. Pertama, Anda bisa membaca doa agar diselamatkan dari bencana alam. Doa ini tidak hanya dapat dibaca saat bencana gempa bumi, tetapi dapat diamalkan saat menghadapi bencana apa saja. Berikut lafal doa dan artinya:

Allāhummaftah lanā abwābal khair, wa abwābal barakah, wa abwāban ni‘mah, wa abwābar rizqi, wa abwābal quwwah, wa abwābas shihhah, wa abwābas salāmah, wa wa abwābal ‘āfiyah, wa abwābal jannah. Allāhumma ‘āfinā min kulli balā’id duniyā wa ‘adzābil ākhirah, washrif ‘annā bi haqqil Qur’ānil ‘azhīm wa nabiiyikal karīm syarrad duniyā wa ‘adzābal ākhirah. Ghafarallāhu lanā wa lahum bi rahmatika yā arhamar rāhimīn. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūn, wa salāmun ‘alal mursalīn, walhamdulillāhi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, Dzat Yang Maha Pengasih. Maha Suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam”

Ada pula doa saat tertimpa musibah yang diajarkan oleh Rasulullah. Pada doa ini, Anda bisa memohon kepada Allah agar musibah yang sedang dialami bisa diganti dengan hal yang lebih baik, serta bisa mendatangkan kesabaran yang berbuah pahala. Berikut bacaan doa dan artinya:

Innâ lillâhi wa innâ ilaihi râji‘un. Allâhumma ajirnî fî mushîbatî wa akhlif lî khairan minhâ. Artinya: “Sesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sungguh hanya kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, karuniakanlah padaku pahala dalam musibah yang menimpaku dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.”

4 dari 4 halaman

Doa agar Terhindar dari Bencana Alam

Selain bacaan doa saat terjadi gempa, Anda juga bisa membaca doa agar terhindar dari bencana alam. Doa ini dapat dibaca sebagai amalan sehari-hari untuk memohon perlindungan kepada Allah dari setiap musibah yang dapat terjadi.

Selain itu, dengan doa ini Anda juga bisa memohon kebaikan serta keberkahan dalam hidup, kekuatan dalam menghadapi ujian, serta permohonan agar dijauhkan dari ujian dunia dan siksa akhirat yang mengerikan. Berikut bacaan doa dan artinya:

Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn.

Artinya: Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat Yang Maha Pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini