Doa untuk Orang Meninggal yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Artinya

Doa untuk Orang Meninggal yang Perlu Diketahui, Lengkap dengan Artinya
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com
JATENG | 30 Januari 2021 11:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Bagi umat muslim, tentu mengetahui bahwa dalam ajaran islam, kematian merupakan suatu ketetapan Allah yang diberikan kepada setiap makhluknya, termasuk manusia. Dalam hal ini, hanya Allah dan kuasanya yang mengetahui takdir kematian makhluknya. Sedangkan manusia dengan segala keterbatasannya, tidak mengetahui sedikit pun takdir kematiannya dan hanya bisa menerima setiap ketentuan yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa kematian merupakan salah satu hal menyedihkan yang harus diterima. Tidak jarang, orang yang ditinggal karena kematian mengalami perasaan sedih yang mendalam. Namun, islam mengajarkan untuk tetap tegar dan mengikhlaskan segala sesuatu kepada Allah, serta meyakini setiap takdir yang diberikan adalah yang terbaik dari-Nya.

Dengan begitu, tugas bagi orang yang ditinggalkan adalah mendoakan dan memohon ampun kepada Allah. Dengan doa inilah, orang yang sudah meninggal akan mendapatkan manfaat kebaikan di alam kubur. Doa untuk orang meninggal yang dipanjatkan juga dapat memberikan pertolongan di kemudian hari di hari akhir.

Dengan begitu, Anda perlu mengetahui beberapa doa untuk orang meninggal yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa doa ini meliputi amalan doa untuk orang tua yang sudah tiada, doa takziah, hingga doa ziarah kubur.

Dilansir dari NU Online, berikut merdeka.com merangkum beberapa doa untuk orang meninggal yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari

2 dari 4 halaman

Doa untuk Orang Tua yang Meninggal

ilustrasi sholat
©2020 Merdeka.com

Doa untuk orang meninggal yang pertama adalah doa untuk orang tua. Sebagai anak, tentu setiap orang wajib mendoakan orang tua untuk kebaikannya. Terlebih lagi, saat orang tua sudah meninggal, hanya doa dari anak yang bisa menjadi amalan pertolongan orang tua di alam kubur dan di hari akhir. Berikut adalah bacaan doa untuk orang tua yang telah meninggal yang bisa Anda amalkan.

1.  Doa untuk orang tua

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya, "Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

2.  Doa untuk orang tua yang telah meninggal

Allāhummaghfir lil muslimīna wal muslimāt, wal mukminīna wal mukmināt, al-ahyā’i minhum wal amwāt, min masyāriqil ardhi ilā maghāribihā, barrihā wa bahrihā, khushūshan ilā ābā’inā, wa ummahātinā, wa ajdādinā, wa jaddārinā, wa asātidzatinā, wa mu‘allimīnā, wa li man ahsana ilainā, wa li ashhābil huquqi ‘alaynā.

Artinya, “Ya Allah, ampunilah mukminin, mukminat, muslimin, muslimat, yang masih hidup, yang telah wafat, yang tersebar dari timur hingga barat, di darat dan di laut, khususnya bapak, ibu, kakek, nenek, ustadz, guru, mereka yang telah berbuat baik terhadap kami, dan mereka yang masih memiliki hak terhadap kami.”

3. Doa memohon ampunan bagi orang tua yang meninggal

Allāhummaghfir lahum, warhamhum, wa ‘āfihim, wa‘fu ‘anhum. Allāhumma anzilir rahmata, wal maghfirata, was syafā’ata ‘alā ahlil qubūri min ahli lā ilāha illallāhu Muhammadun rasūlullāh.

Artinya, “Ya Allah, berikanlah ampunan, kasih sayang, afiat, dan maaf untuk mereka. Ya Allah, turunkanlah rahmat, ampunan, syafa’at bagi ahli kubur penganut dua kalimat syahadat.”

4. Doa sapu jagad dan sholawat nabi

Rabbanā ātina fid duniā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā ‘adzāban nār. Subhāna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mā yashifūna, wa salāmun ‘alal mursalīna, wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin, wa ‘alā ālihī, wa shahbihī, wa sallama, wal hamdulillāhi rabbil ‘alamīn. Al-Fatihah.

Artinya, “Tuhan kami, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungi kami dari siksa api neraka. Maha suci Tuhanmu, Tuhan pemilik kemuliaan, dari segala yang mereka gambarkan. Semoga kesejahteraan melimpah untuk para rasul. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam

5. Diakhiri dengan bacaan Surat Al Fatihah

3 dari 4 halaman

Doa Saat Takziah

ilustrasi sholat©2020 Merdeka.com

Setelah mengetahui beberapa doa untuk orang meninggal khususnya untuk orang tua, berikutnya terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan saat Anda melakukan takziah atau melayat. Takziah atau melayat adalah budaya yang biasanya dilakukan setiap masyarakat ketika ada orang yang meninggal. Takziah ini mempunyai makna sebagai upaya untuk membantu dan membesarkan hati orang yang ditinggalkan. Berikut adalah beberapa doa takziah yang bisa Anda amalkan:

Doa takziah

A‘dlamaLlâhu ajraka wa ahsana ‘azâ’aka wa ghafaraka li mayyitika

Artinya: "Semoga Allah memperbesar pahalamu, dan menjadikan baik musibahmu, dan mengampuni jenazahmu."

Inna liLlâhi taâlâ mâ akhadza wa lahu mâ a’thâ wa kullu syai-in ‘indahu bi ajalin musammâ famurhâ faltashbir wal tahtasib

Artinya: “Sesungguhnya Allah maha memiliki atas apa yang Dia ambil dan Dia berikan. Segala sesuatu mempunyai masa-masa yang telah ditetapkan di sisi-Nya. Hendaklah kamu bersabar dan mohon pahala (dari Allah).”

4 dari 4 halaman

Doa Saat Ziarah Kubur

ilustrasi makam©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Doa untuk orang meninggal selanjutnya juga dapat diamalkan saat Anda berkunjung atau berziarah ke makam. Dalam hal ini, ziarah kubur dapat dilakukan kapan saja. Salah satu budaya ziarah yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia adalah ketika menjelang bulan puasa dan saat Lebaran. Kegiatan ziarah kubur di sini tentu saja bertujuan untuk mendoakan arwah anggota keluarga, saudara, maupun orang terdekat yang telah meninggal.

Bukan hanya itu, kegiatan ziarah kubur juga memberikan kesempatan bagi setiap umat muslim untuk menyadari bahwa ada kehidupan di hari akhir yang akan menanti. Selain itu, ziarah kubur juga dapat meningkatkan kesadaran bahwa dunia hanya sementara dan ada kehidupan yang lebih abadi setelahnya. Berikut adalah urutan doa saat ziarah kubur yang bisa Anda amalkan :

  1. Membaca Surat Al Fatihah sebanyak 3 kali.
  2. Membaca Surat Al Ikhlas sebanyak 3 kali.
  3. Membaca Surat Al Falaq sebanyak 3 kali.
  4. Membaca Surat An Nas sebanyak 3 kali.
  5. Membaca Surat Al Fatihah.
  6. Membaca awal Surat Al Baqarah.
  7. Membaca Ayat Kursi.
  8. Membaca dzikir dan sholawat.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami