Firewall Adalah Sistem Keamanan Komputer, Kenali Cara Kerja dan Fungsinya

Firewall Adalah Sistem Keamanan Komputer, Kenali Cara Kerja dan Fungsinya
JATENG | 8 Juli 2020 14:45 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Seiring berkembangnya teknologi informasi, banyak perusahaan yang menggunakan jaringan privat internet untuk melindungi data digital dari berbagai serangan yang tidak diinginkan. Salah satu perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk melindungi aset data dari gangguan yang tidak diinginkan ialah firewall. Perangkat ini dapat menjamin keamanan melalui aktivitasi kontrol granular berdasarkan jenis dan fungsinya.

Firewall adalah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari berbagai macam jenis serangan dari komputer luar. Firewall berperan penting dalam mengontrol semua lalu lintas keluar dan masuk jaringan sesuai keamanan yang telah ditetapkan. Selain itu, firewall juga berfungsi untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan, seperti internet dan LAN.

Secara umum, firewall komputer dapat diartikan sebagai program perangkat lunak yang digunakan untuk mencegah akses tidak sah atau dari jaringan pribadi. Sehingga firewall dapat melangsungkan proses sistem yang memiliki akes ke sumber daya jaringan.

Baca Selanjutnya: Cara Kerja Firewall...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami