Fungsi Batik Bagi Masyarakat Indonesia, Ketahui Berbagai Macam Motifnya

Fungsi Batik Bagi Masyarakat Indonesia, Ketahui Berbagai Macam Motifnya
Ilustrasi Batik. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/pzAxe
JATENG | 26 Mei 2021 16:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara dengan aneka ragam kebudayaan yang luhur. Hal ini tercermin dari berbagai macam bahasa daerah, agama dan kepercayaan, adat istiadat, hingga makanan khas. Bukan hanya itu, Indonesia juga memiliki macam-macam motif batik sebagai salah satu hasil kebudayaan yang masih dilestarikan dan populer hingga saat ini.

Macam-macam motif batik di Indonesia sangat bervariasi. Bahkan masing-masing daerah memiliki corak khasnya tersendiri. Mulai dari batik Solo, Yogyakarta, Magetan, Cirebon, Pekalongan, Rembang, Bali, hingga Ternate Maluku Utara. Tidak jarang, kain batik menjadi oleh-oleh khas yang bisa dibawa pulang saat berwisata di daerah penghasil batik tersebut.

Biasanya batik sering kali digunakan sebagai kain jarik untuk busana pernikahan bagi masyarakat adat jawa. Bukan hanya itu, batik juga digunakan sebagai bahan untuk membuat baju-baju modern masa kini. Selain digunakan sebagai pakaian, ternyata terdapat beberapa fungsi batik lain yang tidak kalah penting. Fungsi batik ini dapat meliputi fungsi estetis sebagai hiasan hingga simbol sosial.

Jika Anda salah satu penggemar kain atau pakaian batik, beberapa fungsi batik bagi masyarakat Indonesia berikut perlu untuk diketahui. Selain itu juga terdapat beberapa manfaat kain batik bagi bangsa Indonesia sebagai warisan budaya luhur yang tidak kalah penting untuk diketahui. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum fungsi batik bagi masyarakat Indonesia dan berbagai informasi lainnya perlu Anda ketahui.

2 dari 5 halaman

Mengenal Kain Batik

003 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com/Pixabay

Sebelum mengetahui beberapa fungsi batik, perlu dipahami terlebih dahulu pengertian dari batik. Kata batik, diketahui berasal dari bahasa Jawa yaitu “amba” yang berarti menulis dan “nitik” yang berarti membuat titik.

Sehingga dapat dipahami bahwa batik merupakan hasil dari kegiatan menulis dan membuat titik sehingga membentuk gambar motif yang indah. Motif yang dibuat pada batik biasanya menjadi simbol dari proses “lelak’, yaitu suatu peristiwa yang direnungkan dan dituangkan ke dalam gambar.

3 dari 5 halaman

Fungsi Batik

Setelah mengetahui pengertian batik, berikutnya terdapat beberapa fungsi batik yang perlu Anda ketahui. Dalam hal ini, fungsi batik dibedakan menjadi fungsi praktis dan fungsi estetis. Berikut adalah beberapa fungsi batik bagi masyarakat Indonesia yang perlu diketahui :

1. Fungsi praktis

Fungsi praktis dari kain batik tidak lain adalah sebagai produk yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, kain batik dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat sandang atau pakaian. Baik pakaian yang digunakan sehari-hari maupun pakaian untuk acara-acara tertentu, seperti batik untuk pakaian kebaya maupun baju pernikahan adat Jawa. Selain itu kain batik juga bisa digunakan sebagai sarung, jarik, selendang, hingga kerudung.

2. Fungsi estetis

Fungsi batik berikutnya yaitu fungsi estetis, yaitu batik yang digunakan sebagai hiasan hingga simbol sosial. Kain batik yang digunakan sebagai hiasan tidak lain karena batik memiliki keindahan dalam setiap motif yang digambar. Dalam hal ini, kain batik dapat digunakan sebagai aksesoris seperti taplak meja, gorden, hiasan dinding, hingga tas.

Sedangkan sebagai simbol sosial, kain batik dibuat dengan berbagai macam teknik dan tingkat kesulitan. Semakin rumit dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam proses pembuatannya, maka kain batik tersebut mempunyai nilai yang lebih tinggi. Tidak jarang, batik-batik tulis yang dibuat dengan proses yang rumit mempunyai harga yang cenderung mahal.

4 dari 5 halaman

Motif Batik

ilustrasi batik©2013 Merdeka.com/Shutterstock/pzAxe

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi batik, berikutnya terdapat beberapa motif batik yang perlu Anda ketahui. Secara umum, motif batik dibedakan menjadi motif geometris dan non-geometri. Berikut penjelasannya untuk Anda.

1. Motif geometris

Motif geometris merupakan motif batik yang digambar dengan pola berulang sehingga memiliki bentuk yang simetris. Beberapa jenis motif batik geometris seperti motif swastika, banji, pilin, meander, kawung, tumpal, dan ceplokan. Masing-masing motif batik ini mempunyai ciri khas bentuk yang berbeda-beda, begitu juga dengan makna di dalamnya. Berbagai motif batik ini sering erat kaitannya dengan makna-makna filosofis kehidupan. Sehingga dalam masyarakat Jawa, penggunaan busana kain batik dapat disesuaikan dalam berbagai suasana.

2. Motif non-geometris

Motif non-geometris merupakan motif batik yang mempunyai susunan dan bentuk yang tidak teratur. Motif batik non-geometris ini sering kali ditemui dalam bentuk tumbuhan, bunga, binatang, hingga candi. Ragam hias tumbuhan pada motif batik diaplikasikan dengan bentuk daun, tangkai, bunga, kuncup, sulur dan berbagai bentuk tumbuhan lainnya. Sedangkan motif hewan juga beragam seperti burung, kupu-kupu, ikan, hingga rusa atau kijang.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kain Batik

Setelah mengetahui beberapa fungsi batik dan macam motifnya, kain batik juga memberikan beberapa manfaat tersendiri bagi bangsa Indonesia. Dalam hal ini, batik merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang masih terus dilestarikan sebagai ciri khas Indonesia. Bukan hanya itu, berikut beberapa manfaat kain batik yang perlu Anda ketahui :

  • Sebagai warisan budaya leluhur yang menjadi kebanggaan Indonesia. Kain batik merupakan produk atau hasil karya yang mempunyai nilai keindahan dari setiap motif yang ada. Sehingga batik menjadi warisan nenek moyang yang perlu terus dilestarikan.
  • Batik menjadi ciri khas yang mempopulerkan Indonesia di mata dunia. Dalam hal ini, PBB mengakui bahwa batik merupakan warisan budaya yang memiliki nilai estetis tinggi. Bahkan tokoh dunia seperti Nelson Mandela, turut mempopulerkan batik sebagai kekayaan Indonesia yang indah dan luhur.
  • Mengenakan kain atau pakaian batik dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dalam hal ini, kain batik memiliki motif yang beragam dengan berbagai makna filosofis mental yang mendalam. Orang yang mengenakan pakaian batik juga dilihat lebih berwibawa dan bijaksana.
(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami