Corona Merebak, Gubernur DIY Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19

Corona Merebak, Gubernur DIY Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Covid-19
JATENG | 20 Maret 2020 14:40 Reporter : Intan Kumalasari

Merdeka.com - Merebaknya virus corona di Indonesia mengalami peningkatan. Data dari kemenkes per 20 Maret 2020 Pukul 08.00 kasus positif di Indonesia 309 (orang), sembuh 15 (orang), dan meninggal 25 (orang).

Jumlah tersebut tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sendiri, kasus positif corona sebanyak 3 (orang) dan pasien sembuh 1 (orang).

Dilansir dari website remsi Pemda DIY, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas. Selain itu Sri Sultan juga membatalkan serangkaian acara budaya yang seharusnya digelar di Malioboro.

Untuk menindaklanjuti perkembangan penyebaran Covid-19 yang terus meningkat, Gubernur DIY Sri Sultan juga menetapkan status tanggap darurat Bencana Covid-19 di DIY.

1 dari 2 halaman

Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana

penetapan tanggap darurat bencana diypenetapan tanggap darurat bencana diy

2020 Merdeka.com/Twitter @TRCBPBDDIY

Dilansir dari akun twitter @TRCBPBDDIY, terlampir surat keputusan dari Gubernur DIY. Dalam surat keputusan tersebut, pemerintah DIY menetapkan status tanggap Darurat Bencana Covid-19.

Mulai 20 Maret 2020 hingga 29 Mei 2020 DIY menetapkan status tanggap darurat bencana Corona Virus Disease 2019. Stasus tanggap darurat bencana ini dapat diperpanjang sesuai dengan kondisi dan perkembangan yang terjadi.

2 dari 2 halaman

Imbauan Gubernur DIY

penetapan tanggap darurat bencana diy

2020 Merdeka.com/Twitter @TRCBPBDDIY

Dalam surat keputusan tersebut, Sultan juga mengimbau kepada Wakil Gubernur DIY untuk mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan untuk menangani dampak buruk yang akan ditimbulkan.

Antisipasi yang perlu dilakukan antara lain meliputi kegiatan penyelamatan dan evakuasi, isolasi, perlindungan, pengurusan, penyelamatan,serta pemulihan korban Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di DIY.

(mdk/kum)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5