Inspirasi Adalah Ide yang Muncul dari Pikiran, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Inspirasi Adalah Ide yang Muncul dari Pikiran, Berikut Penjelasan Lengkapnya
Ilustrasi bahagia. ©2019 Merdeka.com/Pexels
JATENG | 22 Juli 2021 12:00 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Sebagaimana kita tahu, semua orang akan selalu membutuhkan inspirasi dan motivasi untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Inspirasi adalah motivasi yang membuat seseorang merasakan energi positif dan membuat hari lebih menyenangkan.

Secara umum, inspirasi adalah dorongan untuk terus berpikir kreatif. Ada hari-hari di mana seseorang merasa terinspirasi, banyak ide, tentang apa yang harus dilakukan, dan bagaimana meningkatkan kehidupan dalam berbagai bidang. Ketika seseorang sudah mendapatkan inspirasi, maka akan jauh lebih mudah mengerjakan aktivitas tertentu.

Salah satu cara meningkatkan inspirasi adalah membuat otak tetap aktif. Inspirasi adalah dorongan penting untuk bisa melakukan sesuatu yang diinginkan. Berikut pengertian inspirasi dan cara menemukannya yang dilansir dari Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

Mengenal Inspirasi


011 tantri setyorini

©2019 Merdeka.com/Pexels

Inspirasi adalah tindakan atau kekuatan untuk melatih pengaruh yang mengangkat atau menstimulasi kecerdasan atau emosi. Inspirasi dapat mendorong seseorang bersikap positif dan mengubah cara seseorang dalam memandang kemampuan diri sendiri.

Menurut KBBI, inspirasi adalah ilham atau imajinasi yang berbentuk daya cipta atau kreativitas. Sedangkan menurut English Collins Dictonary, inspirasi adalah stimulasi atau gairah pikiran, perasaan, untuk aktivita atau kreativitas khusus atau tidak biasa.

Oxford Dictonary mendefinisikan inspirasi sebagai proses yang terjadi ketika seseorang melihat atau mendengar sesuatu yang menyebabkan mereka memiliki ide-ide baru yang unik dan menarik. Menurut Cambridge Dictonary, inspirasi adalah seseorang atau sesuatu yang memberi ide untuk melakukan sesuatu.

Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa inspirasi adalah keadaan mental dan emosional, ketika kesadaran terbuka untuk getaran yang lebih tinggi. Inspirasi dapat diaktifkan, ditangkap, dan memiliki pengaruh besar dalam kehidupan.

3 dari 4 halaman

Cara Mendapatkan Inspirasi

ilustrasi melukis©Shutterstock/shooarts

Inspirasi adalah motivasi terbaik untuk melakukan pekerjaan, belajar, bersosialisasi, dan beragam aktivitas lainnya. Berikut beberapa cara mendapatkan inspirasi yang mudah dilakukan:

Berdiskusi

Salah satu cara menemukan inspirasi yang paling mudah adalah bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang. Saling berbagi dan bertukar pikiran tentu akan membuka wawasan dan juga ide-ide yang unik.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari orang-orang yang dapat memberikan sebuah pencerahan dan inspirasi. Atur pertemuan dan buatlah diskusi yang alur obrolannya dapat memecahkan masalah untuk mendapatkan sebuah inspirasi.

Menjelajah Internet

Hadirnya internet semakin memudahkan sesorang dalam mencari berbagai informasi yang dibutuhkan. Konten di internet sangat beragam, mulai dari gambar, tulisan, foto, dan informasi menarik lainnya. Maka dari itu, hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan ide-ide segar yang ada di internet.

4 dari 4 halaman

Mendengarkan Musik dan Menonton Film

ilustrasi mendengarkan musik©Shutterstock

Cara menemukan inspirasi selanjutnya, yaitu dengan mendengarkan musik dan menonton film. Kedua aktivitas tersebut dianggap sangat efektif untuk memberikan inspirasi yang luar biasa. Pasalnya, saat mendengarkan musik dan menonton film, emosi bisa hanyut di dalamnya dan saat itu Anda bisa meresapi sebuah karya untuk mendapatkan hal unik di dalamnya.

Berlibur

Berlibur atau melakukan kunjungan wisata juga dapat membantu Anda dalam menemukan inspirasi. Tidak hanya tempat wisata, Anda bisa pergi ke tempat yang menawarkan suasana alam yang masih asri agar pikiran menjadi lebih tenang dan terbuka.

Banyaknya aktivitas sehari-hari, kadang membuat seseorang sulit mendapatkan inspirasi adalah karena yang dilihat hanya tumpukan pekerjaan, kemacetan, dan rutinitas yang monoton. Maka dari itu, Anda perlu pergi ke tempat wisata selama beberapa hari agar bisa menemukan inspirasi.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami