Jadi Satu Kesatuan pada 16 Desember, Ini Sejarah Akademi Militer Nasional di Magelang

Jadi Satu Kesatuan pada 16 Desember, Ini Sejarah Akademi Militer Nasional di Magelang
KASAD angkat bicara soal isu taruna Enzo. ©Liputan6 com/Angga Yuniar
JATENG | 16 Desember 2020 13:29 Reporter : Denny Marhendri

Merdeka.com - Jauh sebelumnya melakukan integrasi, rencana ini sudah disusun oleh para pendiri TNI. Antara lain Jenderal TNI Gatot Soebroto yang pada saat itu menjabat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat pada tahun 1957.

Akabri yang pada awalnya dibentuk dengan proses secara bertahap oleh Laksamana Muda OB Syaaf pada tanggal 5 Juli 1965, memiliki tugas pokok menyusun dan merencanakan pendidikan Akademi TNI yang terintegrasi dalam satu wadah.

Pada tanggal 16 Desember 1965, dengan Surat Keputusan Presiden RI No.185 /Koti/1965 sebagai dasar berdirinya Akademi TNI dan selanjutnya tanggal pada tersebut ditetapkan sebagai hari jadi Akademi TNI Realisasi. Pembentukan Akademi TNI juga dilaksanakan secara bertahap mulai dari integrasi formil pada tanggal 5 Oktober 1965. Lalu, integrasi parsiil tahap satu pada tanggal 29 Januari 1967 dengan di bentuknya Akabri bagian umum di Magelang.

Berikut sejarah panjang Akademi Militer (Akmil) Nasional yang kini berada di Magelang:

Baca Selanjutnya: Sejarah Akademi Militer...

Halaman

(mdk/dem)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami