7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga, Perlu Diketahui

7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Olahraga, Perlu Diketahui
Ilustrasi granola bar. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pinkcandy
JATENG | 7 Oktober 2021 15:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, olahraga merupakan aktivitas fisik yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Bukan tanpa alasan, dengan berolahraga secara rutin dapat membantu tubuh lebih sehat dan daya tahan tubuh yang lebih kuat sehingga tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Di samping itu, aktivitas olahraga juga dapat membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar untuk menjalani kegiatan keseharian. Dengan melakukan latihan olahraga secara teratur, Anda bisa mendapatkan energi yang cukup untuk mengerjakan aktivitas sehari-hari. Ini juga salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan, ketika Anda sering merasa lelah setelah beraktivitas.

Sebelum memulai aktivitas olahraga, penting bagi Anda untuk mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya dihindari sebelum olahraga. Mulai dari granola atau protein bar, sayuran berserat tinggi, makanan berlemak, yogurt, hingga makanan cepat saji. Beberapa jenis makanan ini dinilai mempunyai kandungan yang cukup sulit dicerna tubuh secara cepat.

Jika Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan ini sebelum olahraga, maka dapat dikatakan kondisi tubuh tidak dalam keadaan baik dan optimal untuk melakukan aktivitas olahraga. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga.

Melansir dari WebMD, berikut kami rangkum penjelasannya untuk Anda.

2 dari 8 halaman

Granola atau Protein Bar

ilustrasi granola bar
©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Pinkcandy

Jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga yang pertama adalah granola atau protein bar. Mungkin sering kali Anda mendengar bahwa protein bar atau granola merupakan makanan berenergi yang efektif untuk mengisi perut kosong dengan rasa kenyang yang dihasilkan.

Namun perlu diketahui, bahwa sebenarnya konsumsi granola atau protein bar sebelum olahraga bukanlah ide yang bagus. Baik granola maupun protein bar, keduanya mungkin dibuat dengan kandungan gula yang cukup tinggi. Kandungan gula yang tinggi dapat mendorong tubuh membakar kalori begitu cepat, sehingga ini dinilai tidak akan memberikan hasil yang maksimal setelah berolahraga.

3 dari 8 halaman

Sayuran Berserat Tinggi

Jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga berikutnya adalah sayur berserat tinggi. Tubuh memang membutuhkan asupan serat setiap harinya, tetapi tidak sebelum berolahraga. Sayuran seperti brokoli, kubis Brussel, atau kembang kol bisa sulit dicerna oleh tubuh.

Sehingga ketika Anda mengonsumsi beberapa jenis sayuran ini, maka tubuh akan terasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas olahraga. Sebagai alternatif, pilihlah jenis sayuran yang lebih mudah dicerna oleh tubuh seperti asparagus atau kentang yang dimasak dengan baik.

4 dari 8 halaman

Makanan Berlemak

ilustrasi daging sapieatthis.com

Jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga juga termasuk makanan berlemak. Tidak semua makanan berlemak buruk bagi tubuh, namun konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi sebelum olahraga akan menyebabkan kondisi tubuh yang tidak nyaman saat aktif bergerak.

Makanan berlemak yang harus dihindari sebelum olahraga ini salah satunya daging merah. Konsumsi daging merah membuat tubuh Anda bekerja keras untuk mengubah lemak menjadi energi. Sehingga ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama bagi tubuh untuk mencerna dengan baik. Dengan begitu, sebaiknya hindari konsumsi daging merah sebelum Anda memulai aktivitas olahraga harian.

5 dari 8 halaman

Yogurt

Yogurt juga termasuk salah satu jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga. Seperti protein bar, sebaiknya Anda memperhatikan label yogurt dengan cermat sebelum mengonsumsinya. Pada beberapa merek, yogurt dibuat dengan kandungan gula dan lemak yang cukup tinggi.

Kandungan ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum latihan fisik. Sebab, tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna kedua kandungan tersebut dengan baik. Jika tetap mengonsumsinya, bisa jadi tubuh Anda tidak kuat berlama-lama latihan dan ingin segera beristirahat.

6 dari 8 halaman

Makanan Cepat Saji

goreng©2018 Merdeka.com/FreeImages

Jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga juga termasuk makanan cepat saji. Dalam hal ini jelas, berbagai makanan cepat saji mempunyai kandungan lemak yang tinggi. Dengan begitu, ketika Anda mengonsumsi makanan cepat saji sebelum olahraga, yang ada perut akan terasa kenyang dan tidak nyaman saat mulai melakukan latihan olahraga.

Selain itu, konsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula sebelum berolahraga juga tidak akan memberikan hasil yang maksimal dari latihan fisik yang dilakukan. Dengan begitu, aktivitas olahraga yang Anda lakukan menjadi sia-sia.

7 dari 8 halaman

Minuman Berenergi

Selain beberapa jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga, ada pula jenis minuman yang sebaiknya dihindari, yaitu minuman berenergi. Hingga kini banyak produk minuman berenergi yang mengklaim bahwa konsumsi minuman berenergi dapat mengoptimalkan latihan yang akan dilakukan.

Namun perlu diketahui, minuman berenergi ini justru dapat membuat Anda gelisah, detak jantung dan tekanan darah yang semakin meningkat. Tentu ini merupakan kondisi buruk yang sebaiknya dihindari ketika Anda ingin membangun kebiasaan olahraga secara rutin. Dengan begitu, sebaiknya hindari konsumsi minuman berenergi sebelum olahraga dan pilihlah jenis minuman lain yang lebih sehat dan aman.

8 dari 8 halaman

Soda

011 febrianti diah kusumaningrumLivestrong.com

Di samping beberapa jenis makanan yang harus dihindari sebelum olahraga, terakhir terdapat satu jenis minuman yang juga perlu dihindari, yaitu minuman bersoda. Perlu diketahui, minuman bersoda mempunyai kandungan gula dan kafein yang tinggi.

Minuman ini akan mengalirkan energi lebih dan banyak kalori akan menghilang dengan begitu cepat. Ini merupakan salah satu kondisi tidak ideal yang perlu dihindari. Selain menimbulkan pembakaran kalori yang lebih ekstrem, minuman ini juga dapat memberikan berbagai efek buruk dari kafein. Sehingga pilihlah jenis minuman yang sehat dan dapat menghidrasi dengan baik sebelum berolahraga.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami