Ketahui Cara Kerja GPS Beserta Fungsinya, Bukan hanya Mempermudah Navigasi

Ketahui Cara Kerja GPS Beserta Fungsinya, Bukan hanya Mempermudah Navigasi
Tragedi yang Muncul Karena Kegagalan Fungsi GPS. ©2018 Merdeka.com
JATENG | 3 Juli 2020 10:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, teknologi merupakan salah satu bidang yang terus menunjukkan perkembangan baru. Bahkan dapat dikatakan, perkembangan teknologi ini seperti tidak akan pernah berhenti. Terbukti, berbagai macam penemuan teknologi baru yang semakin canggih terus bermunculan dari waktu ke waktu. Setiap penemuan teknologi baru ini, dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia.

Salah satu perkembangan teknologi baru yang mempunyai berbagai manfaat bagi kehidupan sehari-hari adalah GPS. GPS sendiri merupakan singkatan dari Global Positioning System, merupakan teknologi yang berguna untuk menunjukkan lokasi sesuatu. Teknologi ini banyak terpasang pada berbagai macam kendaraan yang berguna untuk menunjukkan arah atau navigasi. Bukan hanya itu, GPS saat ini juga sudah tersedia pada smartphone atau ponsel pintar.

Teknologi ini dirancang dengan memanfaatkan satelit yang ada di luar angkasa. Satelit ini akan mengirimkan sinyal untuk mendeteksi keberadaan seseorang atau lokasi suatu tempat tertentu. Bukan hanya itu, cara kerja GPS juga melibatkan beberapa elemen lain. Cara kerja GPS ini berjalan dengan sistematis sehingga bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Dilansir dari laman Geospatial World, kami telah merangkum bagaimana cara kerja GPS hingga berbagai fungsi yang bisa dijalankan dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Berikut penjelasan lengkapnya:

2 dari 5 halaman

Mengenal GPS

muncul karena kegagalan fungsi gps
©2018 Merdeka.com

Sebelum mengetahui bagaimana cara kerja GPS, akan lebih baik jika Anda mengetahui GPS dan karakteristik yang dimilikinya terlebih dahulu. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, GPS atau singkatan dari Global Positioning System, merupakan suatu sistem teknologi yang dirancang untuk menunjukkan posisi seseorang atau lokasi suatu tempat yang bisa digunakan kapan saja dan di mana saja.

Dalam menjalankan fungsinya, GPS memanfaatkan satelit untuk mengirimkan sinyal sehingga bisa mendeteksi lokasi seseorang atau suatu tempat yang diinginkan. GPS ini dapat diakses oleh siapa saja, baik GPS khusus yang terdapat pada kendaraan, maupun GPS yang terpasang pada smartphone. Dengan menggunakan GPS ini, Anda bisa mendapatkan lokasi dengan presisi atau tingkat keakuratan yang tinggi.

3 dari 5 halaman

Elemen yang Digunakan GPS

ilustrasi satelit nusantara dua©2020 Merdeka.com

Setelah mengenal GPS dan karakteristik yang dimilikinya, selanjutnya perlu diketahui elemen apa saja yang digunakan dalam sistem atau cara kerja GPS. Dalam hal ini, GPS melibatkan 3 elemen untuk menjalankan fungsinya, yaitu satelit, segmen pengguna, dan segmen kontrol.

Di sini, satelit merupakan alat yang dipasang di ruang angkasa yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke bumi. Satelit ini diletakkan pada orbit tertentu yang mengitari bumi. Sinyal ini nantinya akan diterima oleh masing-masing pengguna yang dapat mengakses GPS.

Kemudian elemen kedua berupa segmen pengguna. Dalam hal ini, segmen pengguna adalah mereka yang menggunakan atau menerima sinyal untuk mengakses GPS. Hal ini dapat digunakan secara langsung dengan alat yang terpasang pada mobil maupun smartphone atau ponsel pintar yang dimiliki oleh setiap orang.

Sedangkan segmen kontrol sendiri merupakan alat yang diletakkan di bumi, berfungsi sebagai memantau dan memastikan bahwa satelit dapat berfungsi dengan baik. Perlu diketahui bahwa satelit yang terpasang di luar angkasa dilengkapi dengan pengaturan waktu yang akurat untuk menentukan secara tepat berapa lama waktu yang dibutuhkan agar sinyal satelit melakukan perjalanan dan dapat diterima oleh pengguna.

4 dari 5 halaman

Cara Kerja GPS

ancam operasional ojek online©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Setelah mengetahui elemen apa saja yang digunakan, berikutnya perlu diketahui bagaimana cara kerja GPS dalam menjalankan fungsinya. Pada dasarnya, cara kerja GPS sendiri mengandalkan pengukuran jarak atau jangkauan, yaitu antara penerima dengan satelit.

Dalam hal ini, biasanya satelit akan berputar mengelilingi bumi dalam lintasan orbit. Kemudian, satelit akan mengirimkan sinyal keberadaan lokasi seseorang atau suatu tempat yang dapat dilacak melalui GPS.

Di samping itu, segmen kontrol atau stasiun bumi akan memancarkan radar untuk mengontrol apakah satelit dapat berfungsi dengan baik. Dengan begitu dapat dipahami bahwa ketiga elemen ini saling mendukung satu sama lain, sehingga cara kerja GPS dapat berjalan dengan baik oleh setiap penggunanya.

5 dari 5 halaman

Fungsi GPS dalam Kehidupan Sehari-Hari

muncul karena kegagalan fungsi gps©2018 Merdeka.com

Setelah mengetahui cara kerja GPS, dapat dipahami bahwa GPS memang memberikan manfaat tersendiri bagi kehidupan manusia, terutama dalam menentukan lokasi suatu tempat. Sebelumnya, GPS ini digunakan militer untuk memantau berbagai hal untuk menjaga pertahanan negara. Baik yang digunakan pada pesawat maupun kapal.

Namun seiring berjalannya waktu, GPS juga dapat bermanfaat ke beberapa hal yang lebih luas. Seperti sebagai sistem navigasi yang berguna untuk menentukan arah atau jalan pada sistem transportasi umum, truk pengiriman, atau juga digunakan layanan kurir untuk mengirimkan barang.

Bukan hanya itu, GPS juga membantu seseorang untuk mendapatkan informasi berbagai layanan darurat maupun layanan umum terdekat. Mulai dari pos pemadam kebakaran hingga mobil ambulans.

Selain itu, kini GPS juga menjadi salah satu fitur wajib yang dipasang pada mobil pribadi. GPS di sini berfungsi tidak lain sebagai navigasi yang dapat memberikan tampilan peta maupun panduan suara agar pengemudi dapat sampai pada suatu lokasi tujuan yang diinginkan.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami