Macam-macam Mukjizat Alquran dan Penjelasannya, Perlu Diketahui

Macam-macam Mukjizat Alquran dan Penjelasannya, Perlu Diketahui
Alquran. shutterstock/nuttakit
JATENG | 2 Mei 2021 12:15 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi mukjizat terbesar dari mukjizat-mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada para Nabi sebelumnya. Sebab, mukjizat-mukjizat para Nabi dan Rasul terdahulu bersifat indrawi, sedangkan Alquran berupa mukjizat ruhiyah yang bersifat rasional, kekal, dan sepanjang masa.

Melansir dari jurnal.uinsu.ac.id, mukjizat Alquran adalah kelebihan-kelebihan yang ada di dalam Alquran itu sendiri sebagai bukti kebenaran. Dengan kata lain, bukti-bukti kebenaran yang datang dari luar Alquran bukanlah termasuk mukjizat Alquran. Hal ini sebagaimana yang telah disebutkan dalam salah satu surah Alquran, artinya:

Artinya: "Jika Kami menghendaki,niscaya kami turunkan kepada mereka mukjizat dari langit, yang akan membuat tengkuk mereka tunduk dengan rendah hati kepadanya." (QS. Asy-Syu’ara : 4)

Sebagai mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW, Alquran menjadi kitab suci yang tidak pernah kering dalam memecahkan segala masalah kehidupan. Alquran senantiasa menjadi petunjuk bagi kaum di segala zaman dan tempat. Berikut macam-macam mukjizat Alquran yang dilansir dari jurnal.unisu.ac.id:

Baca Selanjutnya: Macam-macam Mukjizat...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami