Macam-macam Zakat Mal dalam Islam, Ketahui Persyaratannya

Macam-macam Zakat Mal dalam Islam, Ketahui Persyaratannya
Ilustrasi uang. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Anggaradedy
JATENG | 27 Oktober 2020 15:31 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Seperti diketahui, zakat merupakan salah satu rukun islam yang wajib ditunaikan bagi setiap umat muslim. Dalam hal ini, umat muslim wajib memberikan sebagian hartanya untuk diberikan kepada fakir miskin atau orang-orang yang berhak. Bahkan setiap tahunnya, khususnya di bukan Ramadhan, setiap umat muslim wajib menunaikan zakat fitrah yang berupa beras.

Selain zakat fitrah di bulan puasa, umat muslim juga bisa melakukan zakat mal sebagai salah satu upaya untuk menunaikan rukun Islam yang ketiga. Berbeda dengan zakat fitrah, zakat mal biasanya dilakukan dengan memberikan sebagian harta yang dimiliki kepada orang lain yang membutuhkan. Dalam hal ini, harta yang diberikan merupakan kepemilikan penuh bukan milik orang lain atau milik bersama.

Terdapat macam-macam zakat mal dalam Islam yang bisa diberikan kepada orang lain. Mulai dari zakat berupa emas atau perak, binatang ternak, hasil pertanian, rikaz atau harta terpendam dari zaman dahulu yang disebut juga dengan harta karun. Setiap macam-macam zakat mal ini tentu mempunyai karakteristik tersendiri yang perlu dipahami.

Bagi yang belum mengetahui macam-macam zakat mal dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam pelaksanaannya, bisa menyimak beberapa penjelasan berikut. Beberapa syarat zakat mal harus dipenuhi agar kegiatan zakat yang dilakukan sah dan memberikan manfaat baik bagi penerimanya. Dilansir dari situs Global Zakat, berikut kami merangkum macam-macam zakat mal beserta persyaratannya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Zakat Mal...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami