Makanan Penyebab Kanker Serviks, Perlu Diketahui Para Wanita

Makanan Penyebab Kanker Serviks, Perlu Diketahui Para Wanita
7 Penyebab Kanker Serviks, Hindari Kebiasaan Buruk Ini. ©2020 Merdeka.com
JATENG | 10 Juni 2021 09:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker berbahaya yang perlu diwaspadai oleh setiap orang, khususnya kaum wanita. Penyakit ini terjadi ketika sel kanker menyerang leher rahim atau bagian bawah rahim yang terhubung dengan vagina. Virus yang menjadi pemicu penyakit ini dapat bertahan selama bertahun-tahun dan berkontribusi pada pembentukan sel kanker pada tubuh.

Sejauh ini, belum ditemukan penyebab kanker serviks secara pasti. Namun faktor lingkungan dan gaya hidup berperan besar dalam meningkatkan risiko penyakit kronis yang menyerang sistem reproduksi wanita ini. Salah satunya tentu berasal dari konsumsi makanan sembarangan atau tidak sehat.

Dalam hal ini, terdapat beberapa makanan penyebab kanker serviks yang perlu diketahui. Misalnya seperti konsumsi alkohol dalam jumlah berlebihan ternyata memberikan efek signifikan pada peningkatan risiko kanker serviks pada wanita. Bukan hanya itu, minimnya konsumsi buah-buahan dan sayur juga memberikan kontribusi risiko kanker serviks.

Dengan begitu, penting untuk mengetahui beberapa makanan penyebab kanker serviks yang perlu dihindari. Selain itu Anda juga perlu memahami gejala yang sering muncul, faktor risiko, hingga langkah pencegahan yang tepat untuk menurunkan risiko kanker serviks.

Dengan mengetahui beberapa informasi ini tentu dapat meningkatkan kesadaran Anda untuk bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk meminimalisir terserangnya berbagai penyakit, termasuk kanker serviks. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum makanan penyebab kanker serviks dan berbagai informasi lainnya penting untuk Anda ketahui.

2 dari 6 halaman

Mengenal Kanker Serviks

serviks
©2015 Merdeka.com

Sebelum mengetahui beberapa makanan penyebab kanker serviks, perlu dipahami terlebih dahulu kondisi umum mengenai penyakit ini. Kanker serviks merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat infeksi virus yang menyerang sel-sel leher rahim atau bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Berbagai jenis human papillomavirus (HPV), infeksi menular seksual, berperan dalam menyebabkan sebagian besar kanker serviks.

Saat terpapar HPV, sistem kekebalan tubuh biasanya mencegah virus melakukan kerusakan. Namun, pada sebagian kecil orang, virus bertahan selama bertahun-tahun, berkontribusi pada proses yang menyebabkan beberapa sel serviks menjadi sel kanker. Anda dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks dengan melakukan tes skrining dan menerima vaksin yang melindungi terhadap infeksi HPV.

3 dari 6 halaman

Gejala Kanker Serviks

Sebelum mengetahui beberapa makanan penyebab kanker serviks, penting juga untuk diketahui berbagai gejala yang muncul ketika seseorang terserang penyakit kanker rahim ini. Biasanya, orang yang terserang kanker serviks pada tahap awal tidak muncul gejala apapun. Namun saat kanker berkembang, akan muncul beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan. Beberapa gejala kanker serviks adalah sebagai berikut :

  • Pendarahan vagina setelah hubungan seksual, antara periode atau setelah menopause
  • Keputihan berair dan berdarah yang mungkin berat dan berbau busuk have
  • Nyeri panggul atau nyeri saat berhubungan intim
4 dari 6 halaman

Makanan Penyebab Kanker Serviks

7 penyebab kanker serviks hindari kebiasaan buruk ini©2020 Merdeka.com

Setelah mengetahui kondisi umum dan gejala kanker serviks, berikutnya perlu diketahui faktor apa saja yang menyebabkan kanker serviks. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab kanker serviks. Namun dapat dipastikan bahwa HPV mempunyai berperan besar dalam pembentukan sel kanker pada tubuh, termasuk kanker serviks. Selain itu, faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat juga berkontribusi dalam peningkatan risiko kanker serviks.

Dalam hal ini, terdapat beberapa makanan penyebab kanker serviks yang perlu diketahui, yaitu sebagai :

  • Kurangnya asupan buah dan sayuran dikaitkan dengan peningkatan risiko risiko neoplasia intraepitel serviks (CIN) kelas 2 dan 3 pada wanita, sebesar 3 kali lipat. Kadar nutrisi serum yang rendah terkait dengan asupan buah dan sayuran (misalnya, vitamin A dan likopen) cenderung dikaitkan dengan risiko CIN kelas 3. Sedangkan konsumsi makanan yang banyak mengandung karotenoid lebih tinggi (alpha-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein/zeaxanthin, dan lycopene) dan gamma tokoferol terbukti dapat membantu menurunkan terkait risiko CIN tingkat tinggi.
  • Konsumsi alkohol juga menjadi salah satu makanan penyebab kanker serviks yang perlu dihindari. Berdasarkan penelitian, wanita yang mengonsumsi alkohol secara teratur mempunyai risiko kanker serviks yang lebih tinggi, dibandingkan wanita yang mengonsumsi lebih sedikit atau tidak mengonsumsi alkohol. Jika Anda memiliki kebiasaan ini, sebaiknya segera mengurangi konsumsi untuk mencegah risiko kanker serviks yang semakin tinggi.
5 dari 6 halaman

Faktor Risiko Kanker Serviks

Setelah mengetahui berbagai makanan penyebab kanker serviks, terdapat beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko kanker serviks pada seseorang. Berikut adalah beberapa faktor risiko kanker serviks yang perlu Anda ketahui :

  • Berganti-ganti pasangan seksual. Semakin banyak jumlah pasangan seksual Anda, tantu akan semakin besar peluang Anda untuk tertular HPV. HPV inilah yang menjadi penyebab utama penyakit kanker serviks pada wanita.
  • Aktivitas seksual dini. Berhubungan seks pada usia dini juga dapat meningkatkan risiko HPV.
  • Infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Memiliki IMS lain, seperti klamidia, gonore, sifilis dan HIV / AIDS dapat meningkatkan risiko HPV.
  • Sistem kekebalan tubuh yang melemah. Seseorang akan lebih mudah terkena kanker serviks jika mempunyai sistem kekebalan melemah, baik akibat kondisi kesehatan lain dan atau sudah terserang HPV.
  • Merokok. Merokok dikaitkan dengan kanker serviks sel skuamosa.
  • Paparan obat pencegah keguguran. Jika ibu Anda mengonsumsi obat yang disebut dietilstilbestrol (DES) saat hamil pada 1950-an, Anda mungkin memiliki peningkatan risiko jenis kanker serviks tertentu yang disebut adenokarsinoma sel jernih.
6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Kanker Serviks

kesehatan yang bisa jadi tanda kanker servikswww.boldsky.com

Setelah mengetahui makanan penyebab kanker serviks dan beberapa faktor risikonya, terakhir terdapat beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terserang kanker serviks. Beberapa cara berikut bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin dini melakukan langkah pencegahan tentu dapat berdampak baik pada kesehatan Anda. Berikut beberapa cara mencegah kanker serviks yang bisa dilakukan :

  • Tanyakan kepada dokter tentang vaksin HPV. Menerima vaksinasi untuk mencegah infeksi HPV dapat mengurangi risiko kanker serviks dan kanker terkait HPV lainnya. Tanyakan kepada dokter Anda apakah vaksin HPV cocok untuk Anda.
  • Lakukan tes Pap rutin. Tes Pap dapat mendeteksi kondisi prakanker serviks, sehingga dapat dipantau atau diobati untuk mencegah kanker serviks. Sebagian besar organisasi medis menyarankan untuk memulai tes Pap rutin pada usia 21 dan mengulanginya setiap beberapa tahun.
  • Lakukan hubungan seksual yang aman. Kurangi risiko kanker serviks dengan mengambil tindakan untuk mencegah infeksi menular seksual, seperti menggunakan kondom setiap kali berhubungan seks dan membatasi jumlah pasangan seksual yang Anda miliki.
  • Jangan merokok. Merokok merupakan salah satu faktor penyebab kanker serviks yang banyak terjadi. Jika Anda merokok, sebaiknya mulai mengambil langkah untuk mengurangi kebiasaan ini dan berhenti secara total untuk mencegah risiko kanker serviks.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami