Manfaat Buah Kumquat bagi Kesehatan, Meningkatkan Imun hingga Mencegah Obesitas

Manfaat Buah Kumquat bagi Kesehatan, Meningkatkan Imun hingga Mencegah Obesitas
Manfaat Buah Kumquat bagi Kesehatan, Meningkatkan Imun hingga Mencegah Obesitas. ©2021 Merdeka.com
JATENG | 27 Desember 2021 16:15 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Kumquat merupakan salah satu jenis buah yang tidak begitu populer dan tidak banyak ditemukan di Indonesia. Ini merupakan buah berwarna orange terang yang memiliki rasa seperti buah jeruk. Dalam bahasa China, kumquat berarti jeruk emas.

Berbeda dengan buah jeruk lainnya, kumquat mempunyai kulit yang bercita rasa manis. Sedangkan dagingnya memiliki rasa asam namun mengandung banyak air. Selain kandungan air, kumquat juga mengandung beragam nutrisi lain yang tidak kalah penting bagi tubuh.

Diketahui, kumquat mempunyai kandungan kalori, karbohidrat, protein, lemak, serat serta beberapa vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, dan mangan. Selain itu, kumquat juga menyediakan beberapa vitamin dan mineral lain dalam jumlah kecil, seperti itamin B, vitamin E, zat besi, magnesium, kalium, tembaga dan seng.

Beragam nutrisi pada buah berwarna terang ini pun memberikan berbagai macam khasiat kesehatan. Dikatakan, manfaat buah kumquat dapat meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, hingga mencegah risiko obesitas dan gangguan lainnya.

Dengan beragam manfaat yang bisa didapatkan, buah kumquat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Dilansir dari Healthline, berikut kami merangkum beberapa manfaat buah kumquat bagi kesehatan dan cara mengonsumsinya perlu Anda ketahui.

2 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Kumquat

manfaat buah kumquat bagi kesehatan meningkatkan imun hingga mencegah obesitas

©2021 Merdeka.com/Pixabay

Sebelum mengetahui beberapa manfaat buah kumquat bagi kesehatan, perlu dipahami terlebih dahulu detail kandungan nutrisi yang terdapat pada buah bercita rasa asam ini. Secara umum, buah kumquat kaya akan kandungan vitamin C dan serat. Bukan hanya itu, buah ini juga mempunyai beberapa kandungan lain yang tak kalah menarik.

Dalam satu porsi 100 gram buah kumquat, mengandung:

  • Kalori: 71
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: 1 gram
  • Serat: 6,5 gram
  • Vitamin A: 6% dari RDI
  • Vitamin C: 73% dari RDI
  • Kalsium: 6% dari RDI
  • Mangan: 7% dari RDI

Kumquat juga menyediakan sejumlah kecil vitamin B, vitamin E, zat besi, magnesium, kalium, tembaga dan seng. Sedangkan biji buah kumquat yang dapat dimakan memberikan asupan lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah yang sebagian besar terdiri dari serat dan air ini pun dapat memberikan rasa kenyang saat dikonsumsi. Sehingga buah kumquat sangat cocok dimakan sebagai camilan sehat yang mengenyangkan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Kumquat bagi Kesehatan

Kaya Antioksidan

Manfaat buah kumquat yang pertama didapatkan dari kandungan antioksidan. Diketahui, kumquat kaya akan senyawa tanaman, termasuk flavonoid, pitosterol dan minyak esensial. Kandungan flavonoid yang terdapat pada kumquat memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Sifat ini dapat berguna untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung dan kanker.

Selain itu, kandungan fitosterol dalam kumquat memiliki struktur kimia yang mirip dengan kolesterol, sehingga sangat berguna untuk memblokir penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol darah secara efektif.

Yang tidak kalah menarik, minyak esensial yang sering kali meninggalkan aroma khas di tangan dan udara, ternyata mempunyai kandungan limonene yang bekerja sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan ini dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

Manfaat buah kumquat berikutnya yaitu mendukung fungsi kekebalan tubuh dengan baik. Dalam pengobatan tradisional di beberapa negara Asia, kumquat telah digunakan untuk mengobati pilek, batuk dan radang saluran pernapasan lainnya.

Selain itu, penelitian modern juga menunjukkan bahwa kumquat mempunyai kandungan senyawa tertentu yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini tidak lain didapatkan dari kandungan vitamin C dan senyawa tanaman yang terdapat di dalamnya.

Berdasarkan penelitian pada hewan dan tabung percobaan. senyawa tanaman kumquat dapat membantu mengaktifkan sel kekebalan yang disebut sel pembunuh alami. yang membantu melindungi tubuh dari infeksi. Sel ini juga telah terbukti menghancurkan sel tumor secara efektif.

Mencegah Obesitas dan Gangguan Terkait Lainnya

Manfaat buah kumquat yang terakhir namun tak kalah penting adalah mencegah obesitas dan gangguan terkait lainnya. Senyawa tanaman dalam kumquat dapat membantu melawan obesitas dan penyakit terkait, termasuk penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus ditemukan bahwa, tikus yang diberi diet tinggi lemak selama delapan minggu mengalami kenaikan berat badan secara signifikan dibandingkan tikus yang diberi diet tinggi lemak dan ekstrak kumquat.

Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa ekstrak kumquat membantu meminimalkan pertumbuhan ukuran sel lemak dalam tubuh. Fakta ini semakin memperkuat temuan studi sebelumnya di mana poncirin flavonoid memiliki potensi dalam mengatur sel lemak tubuh.

4 dari 4 halaman

Cara Mengonsumsi Buah Kumquat

manfaat buah kumquat bagi kesehatan meningkatkan imun hingga mencegah obesitas©2021 Merdeka.com/Pixabay

Setelah mengetahui beberapa manfaat buah kumquat bagi kesehatan, terakhir perlu diketahui bagaimana cara mengonsumsi buah kumquat dengan baik dan sehat. Dikatakan, kumquat paling baik dimakan secara utuh, tanpa mengupas bagian kulit.

Kulitnya yang manis memberikan dapat mengimbangi cita rasa dagingnya yang asam.
Perlu diperhatikan, bagi orang yang alergi terhadap kulit jeruk, maka sebaiknya hindari konsumsi kumquat. Bagi yang tidak bermasalah, buah kumquat sangat baik dikonsumsi sehari-hari. Meskipun sebagian orang mengonsumsi dengan kumquat dengan cara diperas. Namun ahli menyarankan untuk memakan buah secara langsung.

Dengan memasukkan buah kumquat ke dalam mulut dan mengunyah langsung, dapat membantu melepaskan minyak esensial pada kulit sehingga dapat diserap tubuh dengan lebih baik. Dalam hal ini, semakin lama dikunyah, maka rasa buah akan semakin manis.

Jika ingin melunakkan kulitnya sebelum memakan buahnya, Anda bisa mencelupkan kumquat ke dalam air mendidih selama sekitar 20 detik dan kemudian membilasnya dengan air dingin.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami