Manfaat Kartu Prakerja dan Cara Mendapatkannya, Perlu Diketahui

Manfaat Kartu Prakerja dan Cara Mendapatkannya, Perlu Diketahui
ilustrasi kartu prakerja. Liputan6.com
JATENG | 8 Maret 2021 13:16 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Manfaat Kartu Prakerja adalah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Awalnya, program ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran yang berusia 18 tahun ke atas. Namun, adanya pandemi Covid-19, Kartu Prakerja diprioritaskan bagi para pekerja atau pelaku usaha mikro yang terdampak.

Selama pandemi Covid-19 ini, realisasi pengadaan kartu Prakerja dipercepat. Langkah ini dilakukan untuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja atau PHK akibat pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung. Bagi setiap warga negara yang ingin mendapatkan kartu tersebut harus memenuhi syarat dan melakukan proses pendaftaran.

Melansir dari prakerja.go.id, semua warga negara Indonesia yang berusia di atas 18 tahun ke atas dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal, bisa mendapatkan kartu Prakerja. Program Kartu Prakerja ini untuk merespons dampak dari pandemi Covid-19, sehingga diprioritaskan bagi buruh atau pekerja yang terkena dampaknya.

Lantas, apa saja manfaat Kartu Prakerja dan bagaimana cara mendapatkannya? Simak penjelasannya yang merdeka.com lansir dari prakerja.go.id:

Baca Selanjutnya: Manfaat Kartu Prakerja...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami