Manfaat Sholat Tahajud untuk Jodoh, Bantu Dekatkan dengan Sang Kekasih

Manfaat Sholat Tahajud untuk Jodoh, Bantu Dekatkan dengan Sang Kekasih
Ilustrasi berdoa. ©Shutterstock
JATENG | 9 November 2021 20:00 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Sebagaimana kita tahu, jodoh adalah salah satu rahasia ketetapan Allah SWT atas diri manusia. Meski begitu, sebagai manusia tentu kita dianjurkan untuk senantiasa berusaha agar mendapatkan jodoh sesuai keinginan. Tentu saja, usaha tersebut juga harus disertai dengan doa.

Dalam Islam, doa menjadi salah satu kunci utama bagi setiap Muslim, tak terkecuali perihal jodoh. Jika usaha-usaha telah dilakukan, umat Muslim dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Pasalnya, Allah SWT menyukai hamba-nya yang bersungguh-sungguh dalam berdoa, sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa tidak meminta kepada Allah, Allah murka kepadanya."

Selain berdoa, sholat tahajud juga dapat mempermudah mendapatkan jodoh. Berikut penjelasan mengenai sholat tahajud dan manfaatnya, yang merdeka.com lansir dari NU Online:

2 dari 4 halaman

Mengenal Sholat Tahajud

ilustrasi salat
©Shutterstock

Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Secara definisi dalam Islam, shalat tahajud berarti ibadah sunnah yang dikerjakan setelah bangun tidur.

Shalat tahajud bisa dikerjakan dalam kurun waktu setelah ba'da shalat isya hingga menjelang subuh. Akan tetapi, dianjurkan waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud yaitu sepertiga malam.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, "Shalat terbaik setelah shalat wajib adalah shalat malam." Banyak keistimewaan yang didapat setiap Muslim apabila mau mengamalkan shalat tahajud, salah satunya dalam urusan jodoh.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sholat Tahajud untuk Jodoh

ilustrasi berdoa©Shutterstock

Mempermudah Menemukan Jodoh

Salah satu manfaat sholat tahajud untuk jodoh adalah membuka pintu jodoh yang baik dan setia. Dengan menunaikan ibadah sunnah ini, akan senantiasa dekat dengan Allah SWT, sehingga akan dimudahkan segala urusannya, tak terkecuali untuk urusan jodoh.

Selain itu, sholat tahajud juga akan membuat seorang Muslim akan merasa tenang dan tidak gelisah. Dengan begitu, setiap Muslim juga akan menerima segala bentuk takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah dan menganggapnya sebagai jalan terbaik.

Doa Akan Dikabulkan Allah SWT

Melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk berdoa. Di tengah keheningan malam, membuat setiap Muslim lebih khusyuk dalam berdoa. Sehingga diyakini doa akan mudah dikabulkan.

Rasulullah dalam sebuah hadits bersabda, "Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do'a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya." (HR. Muslim no. 757).

Menjaga Kesehatan Rohani

Melaksanakan sholat tahajud yang dilakukan secara istiqamah juga dapat menjaga kesehatan rohani. Sehingga hal ini dapat menghindarkan Anda dari gangguan mental.
Pasalnya seseorang yang selalu mengerjakan shalat tahajud akan merasakan ketentraman dan ketenangan jiwa.

Allah SWT telah berfirman, "Dan hamba-hamba Tuhan Yang Maha Penyayang ialah orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kara yang baik. Dan orang-orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka." (QS. Al- Furqan:63-64).

Jembatan Masuk Surga

Sholat malam merupakan sebaik-baiknya shalat fardu. Sehingga shalat tahajud diyakini setiap Muslim dapat menjadi jembatan masuk surga.

Sebagaimana Rasulullah bersabda, "Wahai kalian manusia, sebarkanlah salam, berilah makanan, sambunglah tali persaudaraan, dan shalatlah ketika manusia terlelap tidur pada waktu malam, niscaya engkau akan masuk surga dengan selamat." (HR. Ibnu Majah).

Mengangkat Derajat

Setiap Muslim yang mengamalkan sholat tahajud, maka derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Sebagaimana Allah berfirman, "Dan pada sebagian malam, dirikanlah shalat tahajud sebagai ibadah tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

4 dari 4 halaman

Doa Minta Jodoh yang Baik

ilustrasi berdoa©Shutterstock

Dalam Al-Qur'an, ada beberapa ayat yang merujuk pada doa agar mendapatkan jodoh yang diinginkan. Berikut doa minta jodoh berdasarkan Surat al Furqan ayat 74,

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa zurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati."

Doa Minta Jodoh yang Setia

Doa minta jodoh yang soleh dan salihah bisa ditemukan dalam Alquran surat Al Furqan ayat 74, Allah SWT berfirman mengenai doa agar didekatkan dengan jodoh yang baik dan setia. Berikut ini doa minta jodoh yang bisa diamalkan umat Muslim:

"wallażīna yaqụlụna rabbanā hab lana min azwajina wa żurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama."

Artinya: "Dan orang-orang yang berkata, "Ya Tuhan kami, anugerahkan lah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami