Mengenal Apa Itu Empati Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

Mengenal Apa Itu Empati Beserta Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari
ilustrasi curhat ke pasangan. © healthista.com
JATENG | 15 Desember 2020 14:41 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Sebagai makhluk sosial, manusia selalu dituntut untuk saling tolong menolong satu sama lain. Saat orang-orang terdekat sedang tertimpa musibah atau menghadapi suatu masalah, sudah seharusnya kita peduli dan memberikan empati. Hal ini perlu dilakukan untuk membangun serta menjaga hubungan antara sesama manusia.

Melansir dari Merriam Webster, empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang tersebut, dan membayangkan diri sendiri pada posisi orang tersebut. Dengan kata lain, empati adalah munculnya rasa iba terhadap derita yang sedang dialami orang lain.

Memberikan empati kepada orang lain menjadi salah satu cara menjaga hubungan antara sesama manusia. Selain itu, berempati juga bisa meringankan beban atau masalah orang tersebut.

Lantas, apa itu empati dan bagaimana cara menumbuhkan sikap tersebut? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Head Space:

Baca Selanjutnya: Mengenal Apa Itu Empati...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami