Mengenal Emotional Detox dalam Kesehatan Mental, Ketahui Cara Melakukannya

Mengenal Emotional Detox dalam Kesehatan Mental, Ketahui Cara Melakukannya
Ilustrasi sedih. ©2018 Merdeka.com/Pexels
JATENG | 20 Januari 2021 12:08 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Pikiran stres memang selalu menjadi ancaman tersendiri bagi setiap orang. Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dan berbagai rutinitas harian lainnya tentu bisa menjadi sumber pemicu stres. Jika hal ini terus dibiarkan tentu akan membuat kesehatan mental semakin memburuk.

Salah satu dampak yang perlu diperhatikan adalah ketika Anda cepat marah atau mudah emosi terhadap berbagai hal yang terjadi. Pikiran dan perasaan yang stres diketahui dapat membuat orang menjadi reaktif dengan berbagai situasi. Sehingga jika hal ini tidak dapat ditangani dengan baik tentu dapat mempengaruhi aktivitas keseharian.

Jika Anda pernah atau sedang mengalami masalah ini, maka Anda perlu mengenal apa yang disebut dengan emotional detox. Sesuai dengan namanya, emotional detox adalah suatu cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan perasaan buruk untuk menghasilkan kondisi kesehatan mental yang lebih baik.

Salah satunya sebagai cara untuk mengatasi kondisi stres yang sedang dialami. Dengan emotional detox, Anda bisa mengurangi kondisi dan dampak stres yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Kondisi stres yang dapat dikelola dengan baik tentu akan menghasilkan hidup yang lebih sehat dan seimbang. Dengan begitu, Anda perlu menyimak beberapa informasi tentang emotional detox berikut.

Dilansir dari The Healthy, berikut kami merangkum penjelasan emotional detox dan cara melakukannya yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Emotional Detox...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami