Mengenal Gejala Jantung Bengkak yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya

Mengenal Gejala Jantung Bengkak yang Perlu Diwaspadai, Begini Cara Mengatasinya
ilustrasi jantung. Shutterstock ©2020 Merdeka.com
JATENG | 13 Desember 2020 11:30 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penyakit jantung menyebabkan kematian terbesar di Indonesia. Tingkat kematian akibat penyakit jantung pada 2016 mencapai 122 orang per 100.000 populasi.

Salah satu gangguan jantung yang kerap dialami penderita ialah jantung bengkak atau kardiomegali. Seseorang yang mengalami gangguan jantung bengkak biasanya mengalami nyeri di bagian dada dan menjalar ke bahu atau leher.

Melansir dari Mayo Clinic, pembengkakan jantung dapat menyebabkan gagal jantung atau detak jantung yang tidak normal (aritmia). Hal inilah yang kerap menyebabkan penderita mengalami kaki bengkak, lemas, dan pusing. Seseorang yang mengalami beberapa kondisi tersebut sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Lantas, apa saja gejala jantung bengkak dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasannya yang merdeka.com lansir dari Mayo Clinic:

Baca Selanjutnya: Mengenal Gejala Jantung Bengkak...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami