Mengenal Gejala Jantung yang Sering Terjadi, Beserta Risiko Komplikasinya

Mengenal Gejala Jantung yang Sering Terjadi, Beserta Risiko Komplikasinya
ilustrasi jantung. Shutterstock ©2020 Merdeka.com
JATENG | 11 Juni 2020 15:03 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Jantung merupakan salah satu organ dalam yang mempunyai peranan penting bagi tubuh. Organ yang satu ini berfungsi memompa darah dan mengalirkannya keseluruh anggota tubuh.

Dalam hal ini jantung bertugas sebagai alat transportasi yang membawa nutrisi dan oksigen oleh organ-organ lain di dalam tubuh. Sehingga tidak heran jika jantung merupakan organ yang sangat berjasa untuk kelangsungan hidup manusia.

Dengan begitu, setiap manusia perlu menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga jantung tetap sehat. Bukan hanya itu, dengan pola hidup sehat ini kinerja jantung bisa berjalan lebih optimal. Hal ini bisa dilakukan dengan makan makanan yang sehat, kebutuhan hidrasi tubuh yang tercukupi dengan baik, serta rutin melakukan aktivitas fisik atau olahraga.

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka risiko terserang berbagai gangguan jantung pun bisa semakin meningkat. Penyakit jantung sendiri terbagi menjadi beberapa macam.

Mulai dari serangan jantung, gagal jantung, hingga henti jantung mendadak. Semua jenis gangguan jantung ini tentu menjadi penyakit berbahaya yang bisa mengancam keselamatan nyawa.

Dengan begitu, kesehatan jantung penting untuk dijaga setiap orang. Baik anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Jika terdapat indikasi yang mengacu pada penyakit jantung, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin mengetahui gejala jantung sejak dini maka risiko kondisi yang semakin parah bisa ditekan.

Dilansir dari situs Halodoc, berikut kami telah merangkum beberapa gejala jantung yang sering terjadi beserta risiko komplikasi yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Gejala Jantung yang Sering Terjadi...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami