Mengenal Jenis-jenis Kucing dan Harganya, Cocok untuk Dipelihara

Mengenal Jenis-jenis Kucing dan Harganya, Cocok untuk Dipelihara
Jenis Kucing. ©2020 Merdeka.com
JATENG | 14 Oktober 2020 07:50 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang populer di Indonesia. Selain mudah ditemukan, hewan peliharaan ini juga dikenal sangat mudah dirawat. Tingkahnya yang lucu dan menggemaskan, menjadikan hewan ini cukup digemari semua kalangan.

Seiring berjalannya waktu, kini banyak ditemukan beragam jenis kucing peliharaan. Yang mana masing-masing jenis tersebut memiliki bentuk serta karakteristik berbeda-beda. Adapun harga kucing sendiri biasanya disesuaikan dengan ras, kualitas, dan perawatannya.

Sebelum membeli kucing, sebaiknya mengetahui jenis kucing dan harganya terlebih dahulu. Hal ini penting dilakukan sebagai bahan pertimbangan kucing mana yang cocok untuk dipelihara. Berikut ini jenis kucing dan harganya, dirangkum dari Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

Kucing Anggora

Salah satu jenis kucing yang populer dan digemari oleh semua kalangan adalah kucing anggora. Jenis kucing yang berasal dari Turki ini menjadi ras tertua di dunia. Bulu dan tubuhnya yang panjang, menjadikan kucing anggora terlihat sangat elegan.

mengenal jenis kucing anggora dan cara merawatnya
©2020 Merdeka.com

Kucing anggora sendiri biasanya dihargai mulai Rp1 juta hingga puluhan juta rupiah. Untuk jenis campuran bisa didapat mulai harga Rp150 ribu tergantung dengan jenis campurannya.

Kucing Ragdoll

Jenis kucing yang saat ini banyak dicari oleh penggemarnya adalah kucing ragdoll. Kucing yang mirip dengan boneka kain ini memiliki wajah imut dan pipi yang bulat. Selain itu, jenis kucing ini memiliki 4 pola warna, yaitu bicolor (dua warna), mitted, vandan point (solid, lynx, dan tortie).

Kucing ragdoll sendiri biasanya dijual dengan harga Rp1 juta hingga Rp30 juta rupiah. Harga kucing ragdoll bisa beragam, hal ini tergantung dari kualitas ras dan jenisnya.

Kucing Russian Blue

Kucing russian blue merupakan jenis kucing yang memiliki bulu pendek berwarna abu-abu kebiruan yang mengkilat. Jenis kucing ini juga dikenal cerdas, ramah, dan atraktif, sehingga cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah. Harga kucing russian sendiri cukup mahal, yaitu bisa mencapai Rp30 juta rupiah.

3 dari 4 halaman

Kucing Persia

Selain anggora, jenis kucing yang terkenal di Indonesia berikutnya yaitu kucing persia. Salah satu ciri khas dari kucing ini adalah memiliki bulu yang panjang, lebat, berwajah bulat, dan hidung pesek.

Bentuk wajahnya yang lucu dan unik menjadikan jenis kucing ini dihargai cukup mahal, yaitu mulai Rp2 juta hingga belasan juta.

jenis kucing persia
instagram.com

Kucing Savana

Kucing savana adalah jenis kucing yang memiliki bulu tebal, berbadan tinggi, lentur, dan ramping. Kucing hasil persilangan dari ras kucing Afrika dengan kucing Bengal ini menyerupai kucing liar yang buas dengan motif bulu bertotol. Adapun harga kucing ini sangat mahal, yaitu mulai dari Rp30 juta hingga ratusan juta rupiah.

Kucing Bengal

Kucing bengal atau Blacan merupakan jenis kucing keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing american shorthair dengan kucing asian leopard. Kucing yang memiliki tubuh yang besar dan gagah ini, belum begitu banyak ditemukan, sehingga harganya cukup mahal, yaitu bisa mencapai Rp10 juta hingga Rp50 juta.

4 dari 4 halaman

Kucing Himalaya

Salah satu jenis kucing yang memiliki tubuh gemuk dan besar adalah kucing himalaya. Kucing himalaya sendiri merupakan hasil persilangan antara kucing persia dan kucing siam.

Kucing himalaya dibagi menjadi dua jenis, yaitu kucing himalaya wajah boneka dan kucing himalaya wajah datar. Harga kucing ini bisa mencapai Rp15 juta hingga Rp25 juta. Bagi yang menyukai jenis kucing yang bertubuh besar, kucing himalaya cocok untuk Anda pelihara di rumah.

jenis kucing
©2020 Merdeka.com

Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah jenis kucing yang memiliki ukuran tubuh sedang sampai besar dengan berat badan sekitar 4–8 kg. Kucing ini mempunyai bentuk kepala bulat disertai dengan pipi yang berisi penuh. Jenis ini memiliki berbagai variasi warna, yaitu gold, copper, odd-eyes, dan blue.

Di samping itu, jenis kucing ini memiliki ciri khas bulu pendek yang sangat lebat. Biasanya, kucing ini dihargai mulai dari Rp10 juta hingga Rp30 juta.

Agar kucing-kucing berharga fantastis ini selalu sehat, berikan selalu Muezza yang bisa didapatkan di Shopee dan Tokopedia. Muezza sangat membantu menjaga kesehatan gigi, tulang, sistem pencernaan hingga bikin bulu kucing lembut bebas rontok. Tersedia dalam 4 varian rasa yaitu Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor dan Salmon Flavor yang bikin kucing kesayangan happy.

Menariknya lagi, Muezza sudah mendapatkan sertifikat halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Yuk segera dapatkan Muezza di toko-toko berikut!

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(mdk/jen)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami