Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis, Ketahui Penyebab dan Faktor Pemicunya

Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis, Ketahui Penyebab dan Faktor Pemicunya
Ilustrasi psoriasis. ©Shutterstock.com/Lipowski Milan
JATENG | 25 Januari 2021 10:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Sebagai bagian tubuh yang paling dominan, kulit memang rentan mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Dalam hal ini, kulit sering mendapatkan kontak dengan berbagai macam hal. Mulai dari produk atau bahan kimia, udara, debu dan polusi, hingga panas matahari yang bisa mengiritasi kulit.

Selain berbagai faktor luar tersebut, gangguan kesehatan yang menyerang kulit juga bisa disebabkan oleh kondisi autoimun. Salah satunya tidak lain adalah penyakit kulit psoriasis. Orang yang mempunyai kondisi ini biasanya akan mengalami penumpukan sel kulit mati secara cepat dibandingkan orang pada umumnya. Sehingga penumpukan sel tersebut akan menimbulkan kerak pada permukaan kulit.

Gangguan autoimun yang menyerang pada kulit ini bisa semakin parah ketika mendapatkan berbagai macam pemicu. Mulai dari kondisi stress, konsumsi alkohol yang berlebihan, sengatan matahari, hingga pemicu yang berasal dari infeksi. Dengan begitu, orang yang mempunyai gangguan ini perlu menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari berbagai hal yang dapat memicu munculnya gejala psoriasis.

Jika Anda salah satu orang yang mempunyai masalah ini, beberapa informasi mengenai penyakit kulit psoriasis berikut perlu Anda pahami dengan baik. Dengan memahami kondisi umum dan berbagai hal secara mendetail, tentu bisa menjadi cara antisipasi terbaik untuk mencegah psoriasis kambuh.

Dilansir dari situs Healthline, berikut kami merangkum berbagai hal mengenai penyakit kulit psoriasis yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Penyakit Kulit Psoriasis...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami