Mengenal Pinched Fingers, Emoji Baru yang Punya Banyak Makna

Mengenal Pinched Fingers, Emoji Baru yang Punya Banyak Makna
JATENG | 17 Februari 2020 09:30 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani

Merdeka.com - Ranah emoji baru-baru ini dimeriahkan oleh kehadiran emoji baru yang diberi nama “pinched fingers”. Dirilis pada Januari lalu, emoji ini menuai berbagai respon masyarakat dunia tentang persepsi mereka di balik gambar jari yang saling menyatu tersebut.

Sejumlah pihak mengatakan bahwa emoji ini mewakili permintaan untuk tidak berisik. Beberapa orang lainnya menganggap bahwa emoji ini merupakan gestur imut yang dipopulerkan oleh salah seorang K-Pop idol.

Namun menurut laporan BBC, diumumkan oleh Unicode Consortium emoji ini memiliki arti yang berbeda. Perlu diketahui, Unicode Consortium merupakan lembaga yang menyetujui standar emoji di seluruh dunia.

1 dari 2 halaman

Memiliki Makna Berbeda di Beberapa Negara

Menurut kreator emoji, tujuan resmi pinched fingers ini adalah untuk mewakili cara masyarakat Italia saat sedang menanyakan, "Apa yang Anda inginkan?". Namun, dengan adanya pernyataan ini tidak menghentikan interpretasi berbeda masyarakat dunia terkait emoji ini. Mereka tetap menyuarakan pendapat mereka tentang emoji tersebut.

pinched fingers

2020 Merdeka.com

Bahkan sejumlah pihak menyuarakan interpretasi mereka terhadap emoji pinched fingers ini, salah satunya seperti yang dilaporkan jurnalis Amerika, Kim Zetter. Menurutnya, gestur ini memiliki banyak arti bagi masyarakat Israel. Sebab, di Israel gestur ini digunakan ketika merasa jengkel atau marah kepada seseorang.

Berbeda dengan Israel, di Nigeria gestur ini dapat menjadi versi lain dari emoji gbas gbos atau argumentasi berkelanjutan. Selain itu, di India emoji jari mengucup ini digunakan untuk menanyakan kepada seseorang apakah ia sedang lapar.

Di daratan Timur Tengah, dalam hal ini Arab gestur ini diartikan sebagai sebuah gestur yang sering digunakan oleh seorang Ibu terhadap anaknya.

2 dari 2 halaman

Mengandung Unsur Komedi

Tidak hanya dinilai dari sisi serius, beberapa orang juga berpendapat dengan mengandung unsur komedi terkait munculnya emoji ini. Salah seorang warganet mengatakan bahwa emoji ini mewakili cara makan dengan tangan dan tanpa alat bantu berupa sendok ataupun garpu.

Ada juga yang berpendapat bahwa emoji ini menjadi simbol internasional ketika seseorang menaburkan garam pada sebuah hidangan.

Tak hanya emoji jari menguncup, ada diperkirakan ada 117 emoji yang akan ditambahkan pada tahun 2020 sebagai pembaharuan dari Emoji 13.0. Jadi bersiaplah untuk memperbarui aplikasi media sosial anda. Jadi, menurut kalian apa maksud emoji pinched fingers ini?

(mdk/asr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami