Mengunjungi Desa Kartun di Purbalingga, Rumah Warga yang Dijadikan Wadah Seni

Mengunjungi Desa Kartun di Purbalingga, Rumah Warga yang Dijadikan Wadah Seni
Desa Kartun. ©Purbalinggakab.go.id
JATENG | 18 Oktober 2020 11:30 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Ketika berkunjung ke Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, akan terasa berbeda dengan desa-desa pada umumnya. Di sana, tembok-tembok rumah penduduk diisi oleh lukisan yang beragam. Oleh masyarakat setempat, desa itu lebih dikenal dengan sebutan desa kartun.

Selain lukisan-lukisan unik yang terdapat di tiap tembok rumah penduduk, di sana terdapat juga sekolah seni bernama Kie Art Cartoon School yang diperuntukkan bagi anak-anak desa setempat.

Melansir dari Liputan6.com, desa kartun itu merupakan hasil kolaborasi 8 seniman yang terdiri dari kartunis dan muralis. Sebelum membuat desa kartun, para seniman melakukan observasi selama pandemi untuk menggali legenda desa dan tradisi yang sudah ratusan tahun tidak dilestarikan kembali.

Dengan konsep desa kartun, diharapkan para generasi muda peduli terhadap tradisi mereka yang telah lama hilang. Lalu apa saja yang terdapat di desa kartun itu? Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Ingin Memajukan Perekonomian Desa...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami