Niat Mandi Wajib dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam, Perlu Diketahui

Niat Mandi Wajib dan Tata Caranya Sesuai Syariat Islam, Perlu Diketahui
Ilustrasi mandi. ©Shutterstock
JATENG | 8 April 2021 14:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Bagi umat muslim, tentu sudah tidak asing dengan istilah mandi wajib. Mandi wajib merupakan kegiatan membersihkan diri dari hadas besar agar tubuh kembali suci. Dengan begitu, umat muslim dapat melakukan berbagai ibadah dengan sah dan baik di hadapan Allah.

Biasanya mandi wajib ini dilakukan baik pira maupun wanita dalam keadaan junub. Junub di sini diartikan sebagai keadaan keluarnya mani dari alat kelamin laki-laki atau perempuan, baik karena mimpi basah, mempermainkannya, atau gairah yang ditimbulkan dari penglihatan atau pikiran. Selain itu, kondisi junub juga terjadi ketika sepasang pria dan wanita melakukan hubungan seksual.

Ini menjadi kegiatan wajib yang perlu dilakukan setiap umat muslim untuk mensucikan diri sebelum melaksanakan ibadah di kesehariannya. Dalam hal ini, terdapat niat mandi wajib yang perlu diucapkan ketika hendak mensucikan diri. Niat mandi wajib ini menjadi salah satu rukun yang tidak boleh dilupakan. Jika tidak, mandi wajib akan tidak sah dan kegiatan yang dilakukan menjadi sia-sia.

Dengan begitu, Anda perlu mengetahui niat mandi wajib dengan benar sehingga dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan tata cara mandi wajib sesuai syariat Islam dengan baik. Dilansir dari NU Online, berikut kami merangkum niat mandi wajib, tata cara, dan informasi penting lainnya yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Niat Mandi Wajib...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami