Palawija adalah Tanaman untuk Rotasi Pertanian, Ketahui Jenis dan Manfaatnya

Palawija adalah Tanaman untuk Rotasi Pertanian, Ketahui Jenis dan Manfaatnya
Ilustrasi jagung. © Shutterstock
JATENG | 6 Oktober 2020 11:01 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Bercocok tanam masih menjadi salah satu sumber perekonomian yang didapatkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, petani-petani Indonesia terus berupaya untuk memproduksi sumber pangan dengan kualitas baik dan jumlah yang mencukupi kebutuhan. Dengan begitu, para petani harus melihat peluang dan memanfaatkan berbagai metode demi produktivitas pangan nasional.

Salah satu cara yang dilakukan petani Indonesia adalah dengan menanam tanaman palawija. Palawija adalah suatu upaya untuk melakukan meningkatkan produksi pangan dengan menciptakan diversifikasi atau keragaman. Biasanya tanaman palawija digunakan sebagai tanaman selingan setelah petani selesai memproduksi satu jenis sumber makanan.

Cara ini pun dinilai berguna untuk menjaga kesuburan tanah dengan menstabilkan tingkat pH atau keasaman tanah. Hal ini tentu dilakukan agar tanah dapat menghasilkan produk pangan yang lebih banyak dan kualitas yang lebih baik. Lebih dari itu, menanam tanaman palawija dapat membantu kecukupan pangan bagi masyarakat Indonesia.

Dalam hal ini, terdapat berbagai jenis tanaman palawija yang dapat ditanam. Mulai dari jenis kacang-kacangan, umbi, hingga rempah. Masing-masing jenis tanaman palawija ini pun termasuk bahan makanan yang sering dikonsumsi dan dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Lalu apa saja jenis dan contoh dari tanaman palawija. Serta manfaat apa yang bisa didapatkan dengan menanam palawija. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kami merangkum pengertian, jenis tanaman, dan manfaat menanam palawija adalah sebagai berikut.

Baca Selanjutnya: Mengenal Palawija...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami