Parasite, Film Korea Pertama yang Raih Piala Oscar

Parasite, Film Korea Pertama yang Raih Piala Oscar
JATENG | 10 Februari 2020 14:47 Reporter : Astuti Dwi Ramadhani

Merdeka.com - Merdeka.com - Parasite merupakan film dengan genre black comedy thriller asal Korea Selatan. Parasite bercerita tentang keluarga miskin yang sedang berjuang untuk memasuki kehidupan keluarga kaya.

Film ini juga mencetak sejarah di kancah perfilman Korea dengan masuk nominasi Oscar hingga akhirnya keluar sebagai pemenang. Parasite masuk dalam enam nominasi yaitu Best Picture, Directing, Film Editing, International Feature Film, Production Design, dan Original Screenplay.

Parasite menang setalah mengalahkan para pesaingnya di kategori ini, salah satunya setelah mengalahkan Once Upon A Time In Hollywood, 1917, dan Marriage Story.

1 dari 3 halaman

Pemain Parasite Hadiri Oscar

Para pemain utama dan kru, seperti sutradara, asisten sutradara, penulis naskah terlihat menghadiri perhelatan Academy Awards ke-92 yang dihelat di Dolby Theatre Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat pada 09/02/2020.

parasite di oscar

2020 Merdeka.com/Oscar The Academy

Seluruh pemain dan kru berpakaian dengan stylist dan memukau. Pemain pria, kru, beserta sutradara terlihat tampan dengan menggunakan setelan jas lengkap beserta dasinya. Sedangkan pemain wanita menggunakan gaun-gaun cantik dengan diimbangi riasan yang membuat mereka terlihat semakin anggun dan memesona.

Tak hanya bahagia, mereka juga terlihat sangat menikmati momen saat berjalan di red carpet. Mereka bahkan terlihat mengambil momen bersama atau yang biasa disebut wefie.

2 dari 3 halaman

Pidato Kemenangan Bong Joon-ho

Bong Joon-ho mengatakan piala tersebut dipersembahkan untuk seluruh pemain seperti Song Kang-ho, Lee Sun-gyun, Park So-dam, Choi Woo-shik, Cho Yeo-jeong, dan Lee Jung-eun dan seluruh tim sinematografi yang terlibat di dalamnya. Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada istrinya atas segala dukungan yang diberikan.
parasite di oscar

2020 Merdeka.com/Oscar The Academy


"Penghargaan ini untuk semua anggota yang saya sayangi. Beri tepuk tangan meriah bagi semua anggota Parasite," kata Bong Joon-ho.

Ia juga meminta para aktor dan aktris yang hadir dalam acara Academy Awards ke-92 itu untuk memberikan tepuk tangannya untuk pemain dan seluruh kru yang terlibat dalam pembuatan film tersebut. Ia juga mengatakan bahwa ia merasa sangat senang dan siap berpesta malam itu.

3 dari 3 halaman

Mendapatkan Dua Penghargaan Lainnya

Selain itu, masih banyak lagi penghargaan yang diraih oleh film berjudul Parasite ini. Salah satunya, penghargaan naskah asli terbaik yang sebelumnya pernah dimenangkan oleh Divorce Italian Style, A Man and A Woman, dan Talk to Her. Tetapi, Parasite tercatat menjadi film Asia pertama yang meraih penghargaan ini dalam ajang Piala Oscar.
parasite di oscar

2020 Merdeka.com/Oscar The Academy

Penghargaan lain yang dimenangkan Parasite adalah Kategori Sutradara Terbaik. Bong Joon-ho meraih piala ketiganya setelah memenangkan kategori ini dalam ajang Academy Awards ke-92 kemarin malam.

Bong menang usai mengalahkan sutradara senior Martin Scorsese yang menyutradarai film The Irishman. Ia juga menang usai mengungguli Sam Mendes dengan filmnya 1917, Todd Phillips dengan Joker, dan Quentin Tarantino dengan Once Upon A Time In Hollywood.

(mdk/snw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5