Penyebab Demam Beserta Gejalanya, Waspadai Penyakit Ini Jika Kondisi Naik Turun

Penyebab Demam Beserta Gejalanya, Waspadai Penyakit Ini Jika Kondisi Naik Turun
Ilustrasi demam. ©2015 Merdeka.com/shutterstock
JATENG | 11 Juni 2020 07:45 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Demam dapat dikatakan sebagai gejala yang sering kali muncul saat tubuh terserang suatu penyakit. Dengan kata lain, demam merupakan respon tubuh terhadap serangan bakteri, kuman, virus yang menjadi penyebab infeksi penyakit tertentu. Seseorang dikatakan demam, ketika suhu tubuh berada di atas angka 38 derajat Celcius.

Suhu tubuh yang meningkat ini memang menjadi salah satu cara sistem kekebalan tubuh bekerja melawan segala macam infeksi penyakit. Biasanya jika kondisi demam tidak terlalu parah, tidak perlu ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Seiring waktu, demam akan turun dengan sendirinya saat tubuh berhasil melawan berbagai serangan infeksi.

Namun jika demam yang dialami terus mengalami peningkatan dan tidak kunjung sembuh, hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui kondisi tubuh serta bisa mendapatkan penangan yang tepat. Sebab, gejala demam tinggi bisa menjadi tanda dari penyakit yang cukup serius.

Selain menjadi tanda dari infeksi suatu penyakit, deman juga terjadi akibat beberapa kondisi lainnya. Penyebab demam ini bisa berasal dari imunisasi, pengaruh obat, hingga akibat berada di bawah sinar matahari terlalu lama. Untuk itu, penting mengetahui hal apa saja yang bisa menjadi penyebab demam.

Dengan begitu, demam bisa diprediksi apakah itu berasal dari infeksi penyakit atau hanya respon tubuh dari kondisi tertentu. Berikut kami telah merangkum beberapa penyebab demam beserta gejalanya yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Penyebab Demam...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami