Peristiwa 15 Agustus: India Merdeka dari Jajahan Inggris, Begini Sejarah dan Faktanya

Peristiwa 15 Agustus: India Merdeka dari Jajahan Inggris, Begini Sejarah dan Faktanya
Peristiwa 15 Agustus : India Merdeka dari Jajahan Inggris, Begini Sejarah dan Faktany. ©2021 Merdeka.com
JATENG | 15 Agustus 2021 06:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Peringatan hari kemerdekaan tentu menjadi momen spesial bagi seluruh rakyat di dunia. Di mana masing-masing negara mempunyai sejarah perjuangan tersendiri yang menjadi dasar bangsanya terbentuk. Tidak heran, jika setiap peringatan hari kemerdekaan selalu dirayakan dengan penuh hikmat dan penghormatan bagi para pahlawan pendahulu.

Hal ini juga dialami oleh masyarakat India setiap kali memperingati hari kemerdekaannya yang jatuh pada 15 Agustus. Peristiwa 15 Agustus yang menjadi hari kemerdekaan India pun didapatkan dengan usaha dan perjuangan yang tidak mudah. Di mana rakyat India harus melawan cengkeraman kekuasaan Inggris selama 200 tahun.

Momen kemerdekaan ini telah memberikan perasaan bebas bagi rakyat India dari jeratan kekuasaan Inggris dengan segala ketidakadilan yang ada. Banyaknya nyawa rakyat dan para pejuang yang gugur tidak melunturkan tekad masyarakat India untuk merdeka dan menjadi negara yang berdaulat. Selain itu, peristiwa 15 Agustus juga menyimpan sejarah dan berbagai fakta lainnya yang tidak kalah penting untuk diketahui.

Sebagai salah satu catatan sejarah penting, masyarakat perlu mengetahui bagaimana perjuangan rakyat di negara lain untuk mendapatkan kemerdekaannya. Selain dapat memperluas wawasan, hal ini juga bisa meningkatkan sikap menghargai pada setiap bangsa di dunia atas perjuangan sejarah yang dilakukan pada zaman dahulu.

Dilansir dari Times of India, berikut kami merangkum sejarah peristiwa 15 Agustus yang menjadi hari kemerdekaan masyarakat India dan berbagai fakta yang perlu Anda ketahui.

Baca Selanjutnya: Sejarah Hari Kemerdekaan India...

Halaman

(mdk/ayi)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami