Peristiwa 18 Januari: Peringatan Pecking Duck Day di Amerika, Ini Sejarahnya

Peristiwa 18 Januari: Peringatan Pecking Duck Day di Amerika, Ini Sejarahnya
Peristiwa 18 Januari: Peringatan Pecking Duck Day di Amerika, Ini Sejarahnya. ©2022 Merdeka.com
JATENG | 18 Januari 2022 06:00 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Bebek peking merupakan salah satu makanan tradisional khas Tiongkok yang berasal dari kota Beijing. Hidangan makanan ini diolah dari daging bebek yang khusus diternakkan untuk konsumsi. Di mana bebek diberi makanan yang bergizi serta menggunakan cara yang lebih beretika dibandingkan ternak bebek lainnya.

Tak heran, jika hidangan bebek peking menyajikan daging yang padat dan kaya gizi. Di mana daging bebek dimasak dengan berbagai campuran bumbu khas kemudian dipanggang dengan kayu bakar khusus yang dapat menambah aroma wangi pada hidangan saat disajikan dan dikonsumsi.

Lezatnya sajian bebek peking memang sudah diakui dunia. Bahkan di Amerika terdapat hari peringatan khusus, yaitu Pecking Duck Day yang diperingati setiap 18 Januari. Bukan tanpa alasan, peringatan ini sebagai bentuk pengakuan atas kelezatan hidangan nasional China.

Peringatan ini juga menghargai proses pembuatan hidangan bebek peking khas Tiongkok yang penuh tradisi. Hingga saat ini, bebek peking menjadi salah satu olahan daging unggas yang banyak digemari dan dikonsumsi oleh masyarakat Amerika. Bukan hanya itu, terdapat beberapa fakta menarik mengenai hidangan bebek peking yang perlu Anda ketahui.

Dilansir dari National Today, berikut kami merangkum sejarah peristiwa 18 Januari yang diperingati sebagai Pecking Duck Day di Amerika dan berbagai fakta unik lainnya, bisa Anda simak.

2 dari 4 halaman

Sejarah Peristiwa 18 Januari: Pecking Duck Day

peristiwa 18 januari peringatan pecking duck day di amerika ini sejarahnya

©2022 Merdeka.com/Pexel

Sejarah peristiwa 18 Januari yang diperingati sebagai Pecking Duck Day, tidak ada sumber jelas yang dapat menjelaskan kapan pertama kali peringatan ini dirayakan. Namun sebagai hidangan makanan yang sangat populer dan banyak digemari, kemudian banyak pecinta kuliner mulai mengikuti perayaan ini.

Meski tampilan hidangnya sederhana, pembuatan bebek peking ini cukup rumit. Resepnya berasal dari zaman Dinasti Yuan sejak didirikan oleh Kubilai Khan. Seperti halnya semua makanan, resep bebek peking telah berkembang selama bertahun-tahun.

Bebek yang diolah untuk hidangan ini dipilih dari bebek yang diternakkan secara khusus. Setelah berumur 65 hari, bebek disembelih, dipompa penuh udara antara kulit dan daging, kemudian direndam dalam air mendidih, dan ditusuk. Setelah itu, bebek digantung hingga kering, diglasir dengan lapisan gula, dan dibiarkan selama 24 jam, untuk mendapatkan kulit yang renyah sempurna.

Setelah dirasa sudah siap, bebek kemudian dipanggang dengan cara digantung di tengah oven hingga lemaknya menetes, sambil diolesi dengan saus bumbu agar meresap hingga ke dalam. Setelah matang, daging bebek diiris-iris dan disajikan.

Biasanya, cara menyantap bebek peking dimulai dari sajian kulit renyah dengan saus gula. Selanjutnya, daging bebek dimakan dengan pancake tipis yang empuk, dicampur dengan saus hoisin dan kacang, mentimun, bawang, dan bawang putih.

Hidangan ini semakin populer di Amerika, ketika Chinatown berdiri di lingkungan padat penduduk di New York City, kemudian banyak gerak bebek peking yang mulai menarik turis dan pencinta kuliner.

3 dari 4 halaman

Fakta Menarik Bebek Peking

Setelah mengetahui sejarah 18 Januari yang diperingati sebagai Pecking Duck Day di Amerika, terdapat beberapa fakta lain yang menarik untuk disimak. Fakta pertama, nama hidangan bebek peking diambil dari ejaan lama Beijing yang dahulu disebut dengan Peking. Namun sebenarnya, bebek peking ini berasal dari ibu kota asli China, Nanjing, Jiangsu. Baru ketika dinasti Ming pindah ke Beijing, bebek jenis ini dibawa olahan bebek peking semakin populer.

Fakta berikunya, hidangan bebek peking dinilai spesial tidak lain karena merupakan resep yang dikembangkan sejak zaman Kekaisaran. Di mana hidangan ini menyajikan kulit tipis dan renyah, dengan sedikit daging yang empuk namun padat, yang diiris dan diolah dengan bumbu yang meresap hingga ke dalam.

Selain rasanya yang lezat, fakta terakhir bahwa hidangan ini secara tradisional disajikan dengan pancake Mandarin yang sangat tipis. Cara mengonsumsinya dengan mengoleskan saus prem atau hoisin pada pancake kemudian ditambahkan dengan bawang hijau dan irisan mentimun segar, lalu disantap bersama daging bebek peking yang empuk dan bercita rasa khas.

4 dari 4 halaman

Cara Merayakan Pecking Duck Day

Setelah mengetahui beberapa fakta unik dibalik peristiwa 18 Januari yang diperingati sebagai Pecking Duck Day di Amerika, terakhir terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk turut merayakan tradisi Pecking Duck Day. Beberapa cara ini mungkin terlihat sederhana, tapi cukup menunjukkan penghargaan pada kelezatan hidangan tradisional khas Tiongkok yang penuh tradisi.

Berikut beberapa cara merayakan Pecking Duck Day yang sering dilakukan:

  • Menikmati hidangan bebek Peking di restoran pilihan atau dengan membuat sendiri hidangan di rumah. Hidangan ini sangat pas dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.
  • Di restoran, biasanya bebek peking disajikan dengan kulit renyah dan sedikit daging padat yang diiris secara langsung oleh Chef di hadapan pelanggan atau pengunjung. Pengolahan bebek peking ini cukup menantang dan membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan sehingga dapat menghasilkan hidangan yang lezat dan menggugah selera.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami