Peristiwa 30 Juli: Lahirnya DN Aidit, Pemimpin Besar PKI yang Tewas Dieksekusi

Peristiwa 30 Juli: Lahirnya DN Aidit, Pemimpin Besar PKI yang Tewas Dieksekusi
dn aidit. ©istimewa
JATENG | 30 Juli 2021 05:05 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Dipa Nusantara Aidit atau yang lebih dikenal dengan DN Aidit adalah salah seorang pemimpin besar Partai Komunis Indonesia (PKI). Namanya dikenal luas oleh masyarakat Indonesia pasca pemberontakan Madiun 1948 dan 1965.

Tepat hari ini, 30 Juli pada 1923 tahun lalu, Aidit dilahirkan di Belitung. Lahir dengan nama Achmad Aidit, lelaki yang biasa dipanggil Amat ini meninggalkan Belitung dan berangkat ke Jakarta pada tahun 1940. Di Jakarta, Aidit sempat mendirikan perpustakaan Antara di daerah Senen, Jakarta Pusat.

Pemimpin tertinggi PKI ini mulai mempelajari Marxis saat tergabung dalam Perhimpunan Demokratik Sosial Hindia Belanda. Sejak saat itu, Aidit mulai berkenalan dengan tokoh-tokoh politik Indonesia, seperti Bung Karno, Bung Hatta, Chaerul Saleh, dan Adam Malik.

Lantas, seperti apa sepak terjang DN Aidit dalam dunia perpolitikan di Indonesia? Simak ulasannya yang merdeka.com lansie dari Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: Mulai Mengenal Komunis...

Halaman

(mdk/jen)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami