Perjalanan Hidup Waldjinah akan Diangkat ke Layar Lebar, Ini 3 Faktanya

Perjalanan Hidup Waldjinah akan Diangkat ke Layar Lebar, Ini 3 Faktanya
Waldjinah maestro keroncong Indonesia. ©YouTube/BPNB DIY
JATENG | 4 Agustus 2022 11:05 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Waldjinah adalah musisi legendaris tanah air. Dia dikenal sebagai maestro keroncong Indonesia. Namanya tak hanya terkenal di dalam negeri, namun juga ke seluruh penjuru dunia.
Atas dasar ini, produser sekaligus penulis skenario film Ronny Paulus Tjandra berencana mengangkat sosok penyanyi itu ke layar lebar.

Bahkan dia telah menyiapkan judul film apabila nanti telah diluncurkan yaitu “Waldjinah: Javanese Diva”. Namun sebelum memulai rencananya, ia terlebih dahulu meminta saran dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

“Saya kulanuwun pada Pak Ganjar karena kami berencana membuat sebuah film tentang Ibu Waldjinah yang merupakan warga Kota Solo. Rencananya kami nanti akan syuting di Solo yang juga wilayah Jawa Tengah. Terima kasih sudah diterima baik oleh Pak Ganjar,” kata Ronny dikutip dari ANTARA pada Rabu (3/8).

2 dari 4 halaman

Angkat Perjalanan Hidup Waldjinah

waldjinah maestro keroncong indonesia

©YouTube/BPNB DIY

Ronny menjelaskan, film Waldjinah bercerita tentang perjalanan sosok penyanyi “Walang Kekek” itu pada periode tahun 1952-1987 atau saat dia berumur 7-42 tahun.

Menurut Ronny, pada periode tersebut Waldjinah berjodoh dengan bakat bernyanyi hingga berhasil mendulang kesuksesan sebagai maestro keroncong.

“Film ini berawal dari rekan saya Ayu Sulistyawati yang mengatakan kalau putra Waldjinah, Mas Bambang, bilang kalau ia ingin membuat film tentang ibunya. Sebuah penghargaan agar ibunya dimuliakan kembali, dikenang, dan diingat lagi oleh orang. Saya menganggap ini suatu keinginan yang sangat baik dan harus didukung,” kata Ronny.

3 dari 4 halaman

Ganjar Pranowo Diajak Ikut Jadi Pemeran

waldjinah maestro keroncong indonesia
©2022 Merdeka.com

Ronny berharap film tentang Waldjinah itu bisa segera diproduksi dan diselesaikan dalam waktu dekat. Ia berharap film itu dapat ditonton langsung oleh Waldjinah sendiri.

Untuk mewujudkan keinginannya, Ronny mengaku sudah membidik beberapa aktor dan artis terkenal untuk ikut main. Bahkan ia telah menyiapkan satu adegan khusus yang diperankan oleh Ganjar Pranowo apabila orang nomor satu di Jawa Tengah itu mau ikut ambil bagian dalam film.

“Waldjinah ini adalah sosok yang kental budaya Jawa-nya. Kami ingin angkat itu sebagai latar film. Termasuk bagaimana beliau menjadi ikon keroncong, kebaya, dan sanggul yang enggan dilepaskan,” tutur Ronny.

4 dari 4 halaman

Reaksi Ganjar Pranowo

ganjar pranowo dan pengusaha taiwan
©jatengprov.go.id

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menilai sosok Waldjinah sangat fenomenal dan musik keroncongnya sangat menarik, termasuk kebaya, jarik, dan sanggul yang kental dengan sosoknya.

Ia berharap, penggarapan film itu nantinya bisa melibatkan sejumlah komunitas yang ada, baik komunitas musik khususnya keroncong maupun komunitas batik dan kebaya.

“Saya sudah dua kali ke rumah Waldjinah. Beliau mendongeng soal perjalanan kariernya, soal jarikan dan kebaya, dan bagaimana bertahan hidup di ujung kariernya. Kalau jadi, ini akan menjadi film yang sangat bagus,” kata Ganjar.

(mdk/shr)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini