Dampak Perubahan Iklim Berpengaruh dalam Penyebaran Virus, Begini Penjelasannya

Dampak Perubahan Iklim Berpengaruh dalam Penyebaran Virus, Begini Penjelasannya
Perubahan iklim. ©2013 Merdeka.com
JATENG | 10 April 2020 09:05 Reporter : Ani Mardatila

Merdeka.com - Dalam beberapa dekade mendatang, degradasi ekologis, kenaikan suhu, dan peristiwa cuaca ekstrem dapat mengintensifkan ancaman terhadap kesehatan manusia yang ditimbulkan oleh virus. Ini terjadi di epidemi sebelumnya, bahwa perubahan suhu, curah hujan, dan kelembaban dapat memiliki efek mendalam pada penyebaran penyakit menular.

Perubahan iklim memungkinkan untuk memperpanjang musim penularan dari penyakit-penyakit yang ditularkan melalui vektor dan mengubah jangkauan geografisnya.

Pada musim panas 1878, misalnya, Amerika Serikat bagian selatan dilanda wabah demam kuning, suatu penyakit virus yang secara tidak langsung menular antar manusia melalui nyamuk Aedes aegypti . Sekitar 100.000 orang terjangkit penyakit ini, dan hingga 20.000 orang kehilangan nyawa. Beberapa perkiraan menyebutkan biaya ekonomi setinggi USD200 juta.

Di Indonesia, perubahan iklim menyebabkan meningkatnya kasus demam berdarah yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk. Sepanjang pertama kali kasus demam berdarah di Indonesia ada, hingga Maret 2020 telah mencapai lebih dari 16.000 kasus.

Bahkan Kejadian Luar Biasa (KLB) ditetapkan di Kabupaten Sikka karena wabah ini. Perubahan iklim berkonstribusi pada meningkatnya curah hujan, di mana menyebabkan banyaknya genangan air sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk.

Kelembapan udara juga mempengaruhi jarak terbang dan umur nyamuk. Dan ini hanya satu kasus penyakit yang disebabkan virus, sementara banyak penyakit virus menular lainnya, tak terkecuali pandemi virus corona yang kini sedang berlangsung.

Baca Selanjutnya: Dampak Perubahan Iklim di Masa...

Halaman

(mdk/amd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami