Proses Melahirkan Bayi dalam Air, Ketahui Persiapan yang Harus Dilakukan

Proses Melahirkan Bayi dalam Air, Ketahui Persiapan yang Harus Dilakukan
JATENG | 4 Juni 2020 08:30 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Proses persalinan merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh sepasang suami istri yang menantikan kelahiran buah hatinya. Apalagi jika kelahiran yang dinantikan adalah anak pertama. Tentu saja hal ini menjadi pengalaman baru yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Tidak heran jika sepasang suami istri yang sedang menantikan anak pertamanya, memikirkan berbagai persiapan yang akan dilakukan saat waktunya tiba.

Salah satu hal yang perlu dipikirkan dan direncanakan adalah proses melahirkan itu sendiri. Apakah nantinya akan melakukan proses persalinan secara normal dan caesar di rumah sakit, atau justru ingin melakukan proses melahirkan bayi di dalam air (water birth). Biasanya proses persalinan dengan menggunakan media air, banyak dilirik oleh pasangan-pasangan muda. Pasalnya, proses melahirkan bayi dalam air bisa memudahkan proses persalinan pertama hingga mampu meredakan rasa sakit yang mungkin dialami.

Selain itu, water birth ini juga dikatakan sebagai proses persalinan secara alami, tanpa adanya pemberian obat induksi untuk mempercepat proses melahirkan. Bahkan proses persalinan yang satu ini dapat dilakukan di rumah, tanpa harus pergi ke rumah sakit. Tentu saja hal ini harus didampingi oleh profesional untuk membantu jalannya proses melahirkan bayi dalam air.

Bagi Anda yang sedang menantikan anak pertama dan tertarik untuk melakukan water birth, perlu mengetahui hal apa saja yang perlu disiapkan untuk melakukan persalinan dalam air. Dilansir dari situs Hellosehat, berikut kami telah merangkum proses melahirkan bayi dalam air beserta persiapannya yang perlu diketahui.

Baca Selanjutnya: Mengenal Proses Melahirkan Bayi dalam...

Halaman

(mdk/ayi)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami