Punya Tantangan Besar, Begini Curhat Para Penulis Buku Pelajaran di Solo

Punya Tantangan Besar, Begini Curhat Para Penulis Buku Pelajaran di Solo
Penjualan buku pelajaran menurun. ©2020 Liputan6.com/Faizal Fanani
JATENG | 8 April 2021 15:06 Reporter : Shani Rasyid

Merdeka.com - Dalam setiap kegiatan belajar mengajar, biasanya guru mengajar para siswanya dibantu dengan media buku pelajaran. Buku pelajaran itu ditulis oleh para penulis yang bekerja dalam sebuah penerbitan. Berpengaruh pada ilmu yang diperoleh para siswa sekolah, para penulis buku pelajaran ini sebenarnya memiliki tanggung jawab yang besar.

Hal itulah yang diungkapkan para penulis buku pelajaran yang menghasilkan buku untuk penerbit PT Tiga Serangkai. Secara beramai-ramai, mereka curhat soal proses penulisan buku pelajaran yang sempat jadi sorotan. Setiap penulis juga harus mengikuti ketentuan penulisan buku yang telah ditetapkan pemerintah. Materi-materi tulisan yang menyinggung SARA atau individu tertentu jelas dilarang.

“Aturannya ketat dan jelas. Kalau ada materi-materi seperti SARA dan yang lainnya pasti tidak lolos editing,” kata Prof. Djatmika, penulis buku mata pelajaran SD dan SMP, dikutip dari Liputan6.com pada Kamis (8/4). Berikut selengkapnya:

Baca Selanjutnya: Tidak Mudah...

Halaman

(mdk/shr)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami